Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang)

Nugraha, Ranu (2017) Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh yang di timbulkan oleh variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu pengaruh secara siginfikan antara labelisasi halal terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 responden yang merupakan konsumen yang pernah mengkonsumsi produk mie Samyang dengan label halal dari Korean Muslim Federation (KMF). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel labelisasi halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Pengaruh yang ditimbulkan sebesar 13,3 % hasil tersebut diperoleh dari nilai R square. Sedangkan pengaruh antar variabel labelisai halal dengan minat beli sebesar 46,8 % berdasarka perhitungan nilai koefisien regresi. Dari hasil penelitian ini manajemen dari Samyangfood.inc diharapkan lebih memperhatikan penggunaan label yang ada pada produk mie Samyang, penggunaan label yan sesuai dengan ketentuan serta resmi menjadi suatu keharusan. hal ini sangat penting karena konsumen mengutamakan untuk melihat logo halal, label komposisi, dan juga label nutrisi sebelum melakukan tindakan pembelian yang sebelumnya didasari minat beli.

English Abstract

This study aims to analize and explain, the influence of independen variable on dependen variable, specifically the influence of halal labels on purchase intention is significant. This research used explanatory research with quantitative approach. The total of sample is 116 respondens, this respondens are the consumer ever consume of mie Samyang product with halal labels from Korean Muslim Federation (KMF). Data collection method used in this research was a questionnaire. Data analysis using descriptive analysis and multiple regression analysis. The result of this research showed, halal labels have significant effect on Purchase Intention. The effect of 13.3% result is obtained from R square value. While the influence between variable labeling with purchase intention equal to 46,8% based on calculation of regression coefficient value. From the results of this study the management of Samyang food.inc is expected to pay more attention to the use of existing labels on Samyang noodle products, the use of labels that are in accordance with the provisions and officially becomes a necessity. This is very important because consumers prioritize to see halal logo, label composition, and also nutrition labels before making purchasing actions previously based on purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/881/051709163
Uncontrolled Keywords: Labelisasi Halal dan Minat beli Konsumen.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:33
Last Modified: 19 Oct 2020 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3722
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item