Analisis Pengaruh Atribut Produk dan Lifestyle Pada Produk Keju Prochiz Di Kota Malang

Maulidiya, Andina Rahma (2017) Analisis Pengaruh Atribut Produk dan Lifestyle Pada Produk Keju Prochiz Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan industri pangan yang pesat menimbulkan persaingan yang sangat kompetitif, yang ditandai dengan munculnya berbagai produk serupa di pasar, maka dari itu diperlukan suatu strategi pemasaran antara lain pengembangan atribut produk yaitu kualitas dan desain produk. Faktor lain yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk adalah lifestyle. Terdapat beberapa gaya hidup yang diterapkan masyarakat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi super food untuk memenuhi kebutuhanya. Keju “Prochiz” merupakan super food yang sedang berkembang di Indonesia yang merupakan produk unggulan dari PT. Mulya Boga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk berupa kualitas, desain, dan lifestyle terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen pada produk keju “Prochiz” di Kota Malang. Responden pada penelitian ini merupakan masyarakat Kota Malang dan berusia di atas 20 tahun. Teknik pengolahan data menggunakan metode GSCA (Generalized Structured Component Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara atribut produk terhadap kepuasan konsumen memiliki hubungan yang signifikan. Begitu pula dengan hubungan antara lifestyle terhadap kepuasan konsumen juga mempunyai hubungan yang signifikan. Kemudian hubungan antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen memiliki hubungan yang signifikan. Kepuasan konsumen sebagai mediator hubungan antara atribut produk terhadap loyalitas konsumen, serta kepuasan konsumen sebagai mediator hubungan antara lifestyle terhadap loyalitas konsumen.

English Abstract

The development of the food industry are rapidly raises a very competitive, marked by the emergence of a variety of similar products in the market. Therefore required a marketing strategy that is the strategy of the development of product attributes of quality and product design. Another factor that consumers consider in choosing a product is lifestyle. There are some lifestyles applied people, one of which is by consuming superfood to people necessary. "Prochiz" cheese is the superfood moderately in Indonesia which is a superior product from PT. Mulya Boga. The purpose of this research is to know the influence of product attributes in the form of quality, design, and lifestyle towards consumer satisfaction and loyalty in Malang City. Respondents in this research are a community of Malang City and aged over 20 years. Data processing techniques using GSCA (Generalized Structured Component Analysis). The results showed that the relationship between product attributes to customer satisfaction has a significant relationship. Similarly, the relationship between lifestyle to customer satisfaction also has a significant relationship. Then the relationship between customer satisfaction with consumer loyalty has a significant relationship. Consumer satisfaction as a mediator relationship between product attributes to consumer loyalty, and customer satisfaction as a mediator relationship between lifestyle to consumer loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/549/051709398
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk, Kepuasan Konsumen, Lifestyle, Loyalitas Konsumen.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 637 Processing dairy and related products > 637.3 Cheese processing
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:18
Last Modified: 01 Dec 2020 15:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3612
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item