Analisis Strategi Promosi Pada Perusahaan Event Organizer

Priambudi, Damas Kurnia (2017) Analisis Strategi Promosi Pada Perusahaan Event Organizer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KaPeKa Corporation merupakan sebuah perusahaan jasa Event Organizer (EO) serta layanan komunikasi pemasaran. Dalam industri entertainment atau pemasaran memiliki peran penting karena persaingan antar pasar semakin ketat. Peran EO meliputi persiapan, sosialisasi dan promosi acara off air sampai dengan pelaksanaan off air hingga selesai. Keberadaan EO sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam strategi komunikasi pemasaran. Apalagi, persaingan antar perusahaan semakin ketat. Lima alat dalam promosi meliputi: periklanan (advertising), pemasaran langsung (direct marketing), promosi penjualan (sales promotions), hubungan masyarakat (public relations), serta penjualan pribadi (personal selling). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor – faktor, aktor serta tujuan yang berpengaruh dalam penyusunan strategi KaPeKa Corporation serta menganalisis pemilihan strategi promosi yang tepat pada perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis SWOT dan merumuskan serta menentukan dari evaluasi internal dan evaluasi eksternal perusahaan. Kemudian dilakukan pengambilan data dari riset kepustakaan dan riset lapangan KaPeKa Corporation. Dalam penelitian ini, kuesioner berisi pertanyaan-pertanyaan secara tertulis kepada 3 responden yang mempunyai pengaruh besar di KaPeKa Corporation itu sendiri dan mengenal kondisi lingkungan yang terjadi pada perusahaan, untuk mengetahui faktor internal kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses) dan faktor ekstenal peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) yang dimiliki perusahaan. Hasil penelitian pada KaPeKa Corporation didapatkan skor x bobot untuk masing masing faktor yaitu 3,082 untuk evaluasi internal dan 2,888 untuk evaluasi eksternal. Perbandingan nilai dan pembobotan dari masing-masing faktor diketahui bahwa skor x bobot dari Evaluasi Internal > Evaluasi Eksternal yaitu : IFE (3,082) > EFE (2,888). Dengan demikian hubungan antar Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE) dengan analisis SWOT adalah dapat menganalisis dan mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal secara sistematis, sehingga perusahaan dapat memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman dari lingkungannya.

English Abstract

KaPeKa Corporation is an Event Organizer (EO) service and marketing communications service company. In the entertainment industry or marketing has an important role because of competition between markets is getting tougher. The role of EO includes preparation, socialization and promotion of off water events until the implementation of off water to complete. The existence of EO has become an integral part of marketing communication strategy. Moreover, the competition between companies is getting tighter. The five tools in promotion include: advertising (advertising), direct marketing, sales promotions, public relations, and personal selling. The purpose of this research is to identify the factors, actors as well as influential goals in the preparation of strategy KaPeKa Corporation and analyze the selection of appropriate promotional strategies at the company. This research is done by using SWOT analysis method and formulate and determine from internal evaluation and external evaluation company. Then the data were collected from literature research and field research of KaPeKa Corporation. In this study, questionnaires contain questions in writing to 3 respondents who have a major influence on KaPeKa Corporation itself and recognize the environmental conditions that occur in the company, to determine the strength of internal factors (Strengths) and weaknesses (Weaknesses) and extension factors opportunities ( Opportunities) and threats (Threats) owned by the company. The result of research on KaPeKa Corporation got score of x weight for each factor that is 3,082 for internal evaluation and 2,888 for external evaluation. Comparison of the value and weighting of each factor is known that the score of x weight of Internal Evaluation> External Evaluation is: IFE (3.082)> EFE (2,888). Thus the relationship between Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE) with SWOT analysis is able to analyze and identify internal factors and external factors systematically, so the company can maximize strength and take advantage of opportunities, but simultaneously can minimize weakness and avoid Threats from the environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/823/051708666
Uncontrolled Keywords: Internal Factor Evaluation (IFE), Eksternal Factor Evaluation (EFE), KaPeKa Corporation, Analisis SWOT.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:41
Last Modified: 09 Dec 2020 10:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3087
[thumbnail of DAMAS KURNIA PRIAMBUDI.pdf]
Preview
Text
DAMAS KURNIA PRIAMBUDI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item