The Impact Of Electronic Word Of Mouth (E-WOM) On Purchase Intention Through Brand Image (A Case Study On Gopro Camera) In Malang City

Fachrozie, Septiawan Vergian (2017) The Impact Of Electronic Word Of Mouth (E-WOM) On Purchase Intention Through Brand Image (A Case Study On Gopro Camera) In Malang City. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran berarti menjalin hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan. Pemasar umumnya mencoba menyajikan produk dan layanan mereka dengan berbagai jenis iklan, seperti pemasaran melalui internet. Komunikasi Elektronik Melalui Mulut ke Mulut (eWOM) adalah bagian dari internet marketing. EWOM adalah cara modern untuk mendukung kegiatan pemasaran. Media sosial adalah sebagai bentuk eWOM. Pengaruh Komunikasi Elektronik Melalui Mulut ke Mulut (eWOM) terhadap niat membeli konsumen telah lama diketahui, karena Komunikasi Melalui Mulut ke Mulut (WOM) adalah sumber penting informasi pasar untuk konsumen. Komunikasi Melalui Mulut ke Mulut (WOM) dapat mempengaruhi citra merek, dan kemudian dapat mempengaruhi niat membeli konsumen. Jadi, eWOM dan brand image penting bagi perusahaan untuk meningkatkan niat membeli konsumen. Jadi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung pada eWOM terhadap niat beli. Kemudian, untuk menganalisis pengaruh langsung pada eWOM terhadap citra merek. Dan yang terakhir, untuk menganalisis pengaruh langsung pada eWOM terhadap niat beli melalui brand image. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep untuk analisis data penelitian. Konsep itu adalah Pemasaran, Komunikasi Melalui Mulut ke Mulut, Komunikasi Elektronik Melalui Mulut ke Mulut (eWOM), Citra Merek, dan Niat Beli. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan sebagai populasi semua orang yang memiliki kamera GoPro baik memiliki atau orang – orang yang tertarik ingin memiliki kamera GoPro di kota Malang. Jumlah populasi pengguna kamera GoPro yang berasal dari orang yang tidak diketahui, sehingga penelitian ini menggunakan accidental sampling to sampling technique. Peneliti menentukan sampel untuk melakukan pencarian di media sosial dengan kata kunci kamera GoPro. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif dan analisis regresi dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan koefisien jalur Komunikasi Elektronik Mulut ke Mulut (eWOM) berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention sebesar 0,865. Kemudian hasil perhitungan koefisien jalur Electronic Word of Mouth (eWOM) berpengaruh signifikan terhadap Brand Image sebesar 1.056. Hasil perhitungan terakhir koefisien Komunikasi Elektronik Mulut ke Mulut (eWOM) berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli melalui Citra Merek sebesar 0,916 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (sig probability <0,05).

English Abstract

Marketing means making lucrative relationships with customers. Marketers generally try to present their products and services by different sorts of advertisement, such as marketing through internet. Electronic Word of Mouth (eWOM) is part of internet marketing. EWOM is as a modern way to support marketing activities. Social media is as form of eWOM. The influence of Electronic Word of Mouth (eWOM) on consumers purchase intentions has been known for a long time, because E-Word of Mouth (WOM) is a vital source of marketplace information for consumer. E-Word of Mouth (WOM) can influence brand image, and then can influence consumer’s purchase intentions. So, eWOM and brand image are important for companies to increase consumers purchase intentions. So, the objective of this research is to analyze direct influence on e-WOM to the purchase intention. Then, to analyze direct influence on eWOM to the brand image. And the last, to analyse direct influence on eWOM to the purchase intention through brand image. This research used several concepts to analyze data of this research. The concepts are marketing, Word of Mouth Communication, Electronic Word of Mouth (eWOM) Communication, brand image, consumers purchase intentions. The method of this research is descriptive method with quantitative approach. In this research were used as the population is people who live in Malang City that use GoPro camera or just interest to buy a GoPro cameras. Number of population user GoPro camera that comes from an unknown people, so this research used accidental sampling to sampling technique. Researchers determine the sample to make searching on social media with the keyword camera GoPro. Then the data analysis techniques used in this research is descriptive data analysis and regression analysis using quantitative research approaches. This funding showed that the calculation results of path coefficient of Electronic Word of Mouth (EWOM) have a significant Influence to Purchase Intention as big as 0,865. Then the calculation results of path coefficient of Electronic Word of Mouth (EWOM) have a significant Influence to Brand Image as big as 1,056. The last the calculation results of path coefficient of Electronic Word of Mouth (EWOM) have a significance Influence to Purchase Intention through Brand Image as big as 0,916 with significant value as big as 0,000 (sig probability < 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/495/051708969
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Elektronik Mulut ke Mulut (eWOM), Citra Merek, Niat Beli
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Sep 2017 01:59
Last Modified: 23 Sep 2020 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2968
[thumbnail of Septiawan Vergian Fachrozie.pdf] Text
Septiawan Vergian Fachrozie.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item