Pengaruh Compression Ratio Terhadap Performa Motor Bakar 4 Langkah Berbahan Bakar Etanol

Ramadhan, Adzan (2017) Pengaruh Compression Ratio Terhadap Performa Motor Bakar 4 Langkah Berbahan Bakar Etanol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini, energi menjadi permasalahan hampir di seluruh dunia. Meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor sebagai pemicu global warming menyebabkan semua perusahaan otomotif di dunia berlomba-lomba untuk membuat produk yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan dan menggunakan energi alternatif. Salah satu bahan bakar yang dapat dijadikn alternatif sebagai pengganti bahan bakar fossi seperti gasoline adalah etanol. Pembakaran etanol lebih bersih dari pada bahan bakar fosil sehingga dapat mengurangi efek rumah kaca. Mesin yang digunakan pada penelitian ini ada mesin otto 4 langkah 1 silinder bersistem injeksi yang memiliki volume silinder 124,8 cc. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa variasi rasio kompresi yaitu 9,3:1, 10,6:1, dan 11,5:1 dengan menggunakan metode penelitian ekperimental yang divariasikan dengan putaran mesin sebesar 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500, 6000, 6500, 7000 rpm. Nilai tosi maksimal sebesar 3.739Nm pada 4000 rpm dengan penggunaan etanol 99%, Daya efektif maksimal sebesar 2,894 PS pada 7000 rpm dengan etanol 99%, nilai SFCe terendah 0.333 kg/Ps·jam pada 3500 rpm dengan etanol 99%, dan nilai efisiensi termal efektif maksimal sebesar 29.434% pada 3500 rpm dengan etanol 99% dan semua itu didapat pada variasi rasio kompresi 11,5:1. Nilai torsi, daya, dan SFCe yang dihasilkan saat menggunakan bahan bakar etanol secara umum sedikit lebih buruk jika dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar gasoline, namun nilai efisiensi termal yang dapat dicapai dengan menggunakan bahan bakar etanol dengan kadar 99% pada rasio kompresi yang optimal lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan gasoline.

English Abstract

Nowadays, energy become issues for almost region in the world. Increased volume of motor vehicles that makes global warming cause every automotive company persistent to make efficient, eco-friendly, and use alternative energy products. One of fuels that can use for alternative energy and replace the fossil fuels is ethanol. Ethanol combustion cleaner than fossil fuels that means less greenhouse effect. In this research using a otto engine 4 stroke single cylinder with injection system that has 124.8cc of volumes. In this research use some compression ratio variation that is 9,3:1, 10,6:1, and 11,5:1 with experimental methods of research and has combination variation with crankshaft rotation include, 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500, 6000, 6500, 7000 rpm. maximum torque rated of 3.739 Nm @ 4000 rpm, the effective power is maximal at 2,894 PS @ 7000 rpm, the value of SFCE Lowest 0.333 kg/Ps·h @ 3500 rpm and the value of thermal efficiency 29.434% @ 3500 rpm which is entirely based on variations compression ratio 11,5:1 and use ethanol 99%. The value of the torque, power generated and SFCe when using ethanol fuel is generally lower when compared to using gasoline fuel,but thermal efficiency can be achieved in the use of ethanol 99% fuel is better when compared to using gasoline especially on optimal compression ratio.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/965/051708808
Uncontrolled Keywords: Etanol 96%,, Etanol 99%, Motor Bakar 4 Langkah Injeksi, Dinamometer, Torsi, Daya efektif, SFCe, Efisiensi Termal Efektif
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2017 03:04
Last Modified: 26 Nov 2024 01:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2945
[thumbnail of ADZAN RAMADHAN.pdf] Text
ADZAN RAMADHAN.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item