Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan Produk Ekspor (Studi Pada Perusahaan Kerajinan Bunga Kering Ud Azizah Florist Malang)

Dewi, Elviana (2017) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan Produk Ekspor (Studi Pada Perusahaan Kerajinan Bunga Kering Ud Azizah Florist Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh bauran promosi terhadap penjualan produk ekspor. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Periklanan (X1), Penjualan Personal (X2) dan Promosi Penjualan (X3) terhadap variabel dependen Penjualan Ekspor (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penjelasan atau explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan data time series dari biaya periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan volume penjualan produk ekspor. Sebanyak 18 data variabel dari kuartal I 2011-kuartal III 2016 dijadikan sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,527 yang berarti variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 52,7% dan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel independen Periklanan, Penjualan Personal dan Promosi Penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penjualan ekspor. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Promosi Penjualan merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap penjualan ekspor. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel promosi penjualan terhadap peningkatan nilai penjualan produk ekspor memiliki pengaruh paling dominan dibanding variabel lainnya. Oleh karena itu, disarankan kepada perusahaan untuk semakin meningkatkan kegiatan tersebut agar volume dan omzet penjualan perusahaan lebih meningkat. Dalam rangka peningkatan nilai penjualan yang maksimal, diharapkan perusahaan juga mencari faktor lain selain kegiatan promosi, misalnya dengan strategi penetapan harga yang baik, peningkatan kualitas dan inovasi produk, dan lain sebagainya.

English Abstract

This research aims to identify and explain the effect of promotion mix towards of export products. The independent variables in this study are Advertising (X1), Personal Selling (X2) and Sales Promotion (X3) to dependent variable Export Sales (Y). The type of research is explanatory research with quantitative approach. The data used in this study is the overall time series from the cost of advertising, personal selling, sales promotion and sales volume of export products. A total of 18 variable data from the first quarter of 2011-the third quarter of 2016 the research sample. The data analysis used is multiple linier regression analysis using SPSS 20.0. The research results indicate that the coefficient of determination (R2) is 0,527 which means that the independent variables affect the dependent variable is 52,7% and the remaining 47,3% is influenced by other variables outside this research. F test results indicate that the independent variables which are advertising, personal selling and sales promotion simultaneously significant effect on export sales. T test results indicate that the sales promotion variable is the most influence variable on export sales. Based on results, it is known that the sales promotion variable to increase value sales of export products have the most dominant effect than any other variables. Therefore, it is recommended to the company to further improve such activities so that the volumes and the company’s turnover increased more. In order to increase the value of the maximum sales, the company is also expected to look for other factors in addition to the promotional activities, for example with a good pricing strategy, quality improvement, product innovation and others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/810/051708497
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Penjualan Personal, Promosi Penjualan, Penjualan Ekspor
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Sep 2017 03:56
Last Modified: 05 Oct 2020 11:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2892
[thumbnail of ELVIANA DEWI.pdf]
Preview
Text
ELVIANA DEWI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item