Pengaruh Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Keputusan Pembelian pada Website Traveloka (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)

Abdalah, Kemmal (2017) Pengaruh Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Keputusan Pembelian pada Website Traveloka (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai upaya Traveloka untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan cara membentuk elemen ekuitas merek yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian pada website Traveloka. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 150 responden yaitu mahasiswa Universitas Brawijaya Malang pengguna Traveloka yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data adalah regresi linier berganda menggunakan software SPSS 21. Hasil penelitian menyatakan bahwa kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian pada website Traveloka. Variabel yang berpengaruh dominan adalah persepsi kualitas.

English Abstract

This study discusses the efforts of Traveloka to maintain its position as a market leader by forming strong brand equity elements. This study aims at determining the effect of brand equity elements consisting of brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty on purchasing decisions on Traveloka website. The data of this explanatory research were collected through questionnaire distributed to 150 respondents who are Traveloka-user students of Brawijaya University Malang, selected through purposive sampling technique. The method of data analysis is multiple linear regression using SPSS 21. The results indicate that brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty have simultaneous and partial influence on the purchase decision on Traveloka website. The dominant variable is the perceived quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/408/051708882
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Sep 2017 01:50
Last Modified: 31 Aug 2020 16:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2829
[thumbnail of Kemmal Abdalah.pdf]
Preview
Text
Kemmal Abdalah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item