English Learning Strategies Used By Students At English “Intensive Course” In Jombang

Ratna, - (2017) English Learning Strategies Used By Students At English “Intensive Course” In Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi pembelajaran adalah tindakan spesifik yang dilakukan oleh peserta didik untuk mempermudah pembelajaran, lebih cepat, lebih menyenangkan, lebih mandiri, lebih efektif, dan lebih dapat ditransfer ke situasi baru. Strategi pembelajaran dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam proses belajar bahasa Inggris. “Intensive Course” di Jombang dapat menjadi objek yang bagus dalam penelitian ini. Ada dua masalah dalam penelitian ini: (1) Apa strategi pembelajaran yang di gunakan siswa di “Intensive Course”, dan (2) Apa Strategi pembelajaran yang paling banyak digunakan oleh siswa di Intensive Course. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan peneliti memilih satu kelas siswa yaitu kelas satu SMP yang ada di “Intensive Course” Jombang sebagai peserta. Kemudian peneliti menganalisis data dengan menggunakan Strategy Inventory for Language Learning (SILL) Oxford (1990) sebagai instrumen dari penelitian ini. Sebagai hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa beberapa strategi pembelajaran telah digunakan oleh siswa di “Intensive Course”. Strategi yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah strategi sosial dengan skor 2,98, sedangkan strategi paling sedikit yang digunakan oleh siswa adalah strategi kognitif dengan skor 2.49. Namun, strategi pembelajaran yang digunakan siswa di “Intensive Course” berada pada tingkat sedang dengan skor rata-rata 2,71, hal ini mengindikasikan bahwa dalam proses belajar bahasa, strategi pembelajaran kadang kala digunakan oleh siswa di “Intensive Course”. Berdasarkan hasil yang telah di temukan, peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menganalisa strategi pembelajaran menggunakan teori oxford dengan objek yang berbeda, seperti strategi pembelajaran yang digunakan oleh kelas bahasa Inggris di sekolah formal. Peneliti dapat melakukan pengamatan lebih banyak di kelas sehingga bisa lebih dekat kepada siswa untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan strategi pembelajaran bahasa secara lengkap. Siswa, sebaiknya lebih serius dalam belajar bahasa Inggris dan memilih strategi pembelajaran yang tepat yang dapat membuat kemajuan tinggi dalam pembelajaran mereka berdasarkan kemampuan mereka sendiri. Bagi guru di “Intensive Course”, mereka dapat mengembangkan strategi pengajaran dalam proses belajar bahasa Inggris dan mereka dapat menunjukkan kepada siswa tentang strategi pembelajaran bahasa yang tepat.

English Abstract

Learning strategy is a specific action taken by the learners to make learning easier, faster, more enjoyable, more self-directed, more effective, and more transferrable to new situations. Learning strategies which can help the students to improve their ability in the process of learning English. “Intensive Course” in Jombang can be a good object in this research. There are two problems of the study in this research: (1) What are the learning strategies used by students at “Intensive Course”, and (2) Which is the most learning strategy used by the student at “Intensive Course”. This study uses qualitative approach and the researcher chooses one class in the first grade of junior high school at “Intensive Course” in jombang as the participants. The researcher analyzed the data by using Strategy Inventory for Language Learning (SILL) by Oxford (1990) as the instrument of this research. As the result of this study, the researcher found that some learning strategies are used by the students in the “Intensive Course”. The most strategy used by the students was social strategy with score 2.98, while the least strategy used by the students was cognitive strategy with score 2,49. However, the learning strategies used in the “Intensive Course” was medium with an average score of 2.71, it indicates that in the process of learning language, learning strategies was sometimes used by the students. Based on the findings, the researcher suggests next researcher to analyze the learning strategies by using oxford theory with different object, such as learning strategies used by an English class in a formal school. They can do more observation in the classroom so that they can get closer to the students in order to get more information related to language learning strategies completely. Students, should be more serious in learning English and choose appropriate learning strategies that can improve their learning based on their own ability. For the teacher of intensive course, they can develop the teaching strategies in the process of learning English and show the students appropriate strategy in learning language

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/634/051707414
Uncontrolled Keywords: Akuisisi Bahasa Kedua, Strategi Belajar, Strategi Inventarisasi Pembelajaran Bahasa (SILL).
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Sep 2017 04:24
Last Modified: 09 Dec 2020 14:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2516
[thumbnail of Ratna, -.pdf]
Preview
Text
Ratna, -.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item