The Teaching Of Reading Comprehension Using Jigsaw Technique For First Year Students At Smp Negeri 1 Madiun

Udina, Elizabeth Temmy Mustika (2017) The Teaching Of Reading Comprehension Using Jigsaw Technique For First Year Students At Smp Negeri 1 Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Membaca adalah salah satu skill yang akan dipeljari oleh siswa karena itu adalah proses belajar untuk memindahkan informasi dari penulis kepada pembaca dari bacaan yang ditulis oleh penulis. Membaca adalah salah satu keahlian yang harus dikuasi di dalam pembelajaran karena hal ini adalah kebiasaan yang sangat bagus dan memiliki banyak keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah dapat memperluas pengetahuan. Membaca dapat diartikan sebagai proses interaktif antara pembaca dan juga bacaan, yang mana hal itu terjadi secara otomatis. Salah satu teknik mengajar membaca adalah dengan menggunakan teknik jigsaw. Tujuan diadakan penelitian ini adlah untuk mengetahui teknik jigsaw yang digunakan oleh Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Madiun. Penelitian ini merupakan studi khusus yang dijelaskan dengan mendeskripsikan kasus tersebut. Subjek penelitian yang digunkana oleh peneliti yaitu satu Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Madiun. Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Peneliti mengobservasi teknik jigsaw yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar, mewawancarai guru bahasa inggris tersebut dan juga mendokumentasikannya. Hasil dari penelitian ini adalah guru bahasa inggris menggunkan teknik jigsaw untuk mengajar bahasa inggris untuk membuat siswa merasa senang dan memahami teks bacaan mereka. Berdasarkan hasil dari penelitian ini guru bahasa inggris menggunakan teknik jigsaw untuk membuat siswa mendapatkan nilai yang baik dan siswa dapat memiliki prestasi dalam bahasa inggris khususnya keahlian membaca. Maka dari itu disarankan untuk guru menggunakan jigsaw teknik dalam mengajar membaca dan untuk para peneliti selanjutnya dapat menggunakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan efektif.

English Abstract

Reading is one of the language skills that should be learned by the students because it is a learning process of transferring information from the writer to the reader in written form. Reading is one of the most essential skills to be mastered in language learning because it is a wonderful habit and can bring many benefits. One of benefits is broad store information. Reading can be seen as an interactive process between a reader and a text which leads automatically. One of the techniques in teaching reading is jigsaw technique. The objective of this research is to describe teaching technique using jigsaw technique which is applied by the English teacher at SMP Negeri 1 Madiun. This research used descriptive qualitative. This subject of this research was an English teacher at SMP Negeri 1 Madiun. The researcher used interview, observation, and documentation to collect the data. The researcher observed jigsaw technique that the teacher used in teaching reading, interview with the English teacher and documentation in teaching and learning process. The result showed that the English teacher used Jigsaw technique to make students feel joyful in teaching and learning process also to comprehend in reading activities and help them to understand the text. According to result of this study, the teacher applied jigsaw techniques to make students have a good score and achievement in English especially in reading. Therefore, it is suggested to English teacher to apply jigsaw technique in teaching reading comprehension and to further researcher can find out another technique which can be applied joyfully and effectively in teaching reading.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/698/051707477
Uncontrolled Keywords: Mengajar Membaca, Strategi Membaca, Teknik Jigsaw, SMP Negeri 1 Madiun.
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Sep 2017 02:13
Last Modified: 20 Nov 2020 12:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2439
[thumbnail of ELIZABETH TEMMY MUSTIKA UDINA.pdf] Text
ELIZABETH TEMMY MUSTIKA UDINA.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item