Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) dan Brand Image terhadap Minat Beli (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013-2016)

Alfarisi, Salman (2017) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) dan Brand Image terhadap Minat Beli (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Brand Image secara parsial terhadap Minat Beli dan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Brand Image secara bersama-sama terhadap Minat Beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2013-2016 sebanyak 112 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneltitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Electronic Word of Mouth (eWOM) (X1) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai koefisien sebesar 4,187 dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,000 (0,000 < α = 0,05). Variabel Brand Image (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai koefisien sebesar 8,402 dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,000 (0,000 < α = 0,05). Kedua variabel bebas Electronic Word of Mouth (eWOM) (X1) dan Brand Image (X2) memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel Minat Beli (Y) dengan probabilitas 0,000 dan mempunyai kontribusi terhadap Minat Beli (Y) sebesar 0,462 (46,2%) sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, karenanya bagi peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melakukan penelitian dengan variabel berbeda yang dapat mempengaruhi minat beli atau melakukan penelitian tentang eWOM, Brand Image, dan Minat Beli dengan objek penelitian yang berbeda.

English Abstract

This research is proposed to find out the impact of Electronic Word of Mouth (eWOM) and Brand Image partially on purchase intention and find out the impact of Electronic Word of Mouth (eWOM) and Brand Image simultaneously on purchase intention. Type of research for this research is explanatory research with purposive sampling method. Data collecting techniques is done by using questionnaire distributed to undergraduate students of Faculty of Administrative Science Universitas Brawijaya batch 2013-2016 amount of 112 respondents. Data analysis techniques used for this research is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results indicates that Electronic Word of Mouth (eWOM) variable (X1) has significant impact on purchase intention (Y) with the coefficient value of 4.187 and probability t value is 0.000 (0.000 < α = 0.05). Brand Image variable (X2) has significant impact on purchase intention with the coefficient value of 8.402 and probability t value is 0.000 (0.000 < α = 0.05). Both independent variables eWOM (X1) and brand image (X2) have significant relation with purchase intention variable (Y) with probability F value is 0.000 and both have contribution on purchase intention variable (Y) of 0.462 (46.2%). However the rest of result is affected by other variables which are not researched in this research, so that next researcher is recommended to do research with different variable which affected on purchase intention or researcher can do research about eWOM, brand image and purchase intention with different research object.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/781/051708468
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth (eWOM), Brand Image, Minat Beli
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:52
Last Modified: 28 Sep 2020 19:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2350
[thumbnail of Salman Alfarisi.pdf]
Preview
Text
Salman Alfarisi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item