Pengaruh Citra Merek Terhadap Faktor Psikologis Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Jurusan Adminitrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Yang Membeli Dan Menggunakan Handphone Merek Samsung)

Fitriani, Dian Wulan (2017) Pengaruh Citra Merek Terhadap Faktor Psikologis Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Jurusan Adminitrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Yang Membeli Dan Menggunakan Handphone Merek Samsung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Citra Merek terhadap variabel Faktor Psikologis. 2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Citra Merek terhadap variabel Keputusan Pembelian. 3) Mengetahui dan menganalisis variabel Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian. 4) Mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Citra Merek terhadap variabel Keputusan Pembelian melalui variabel Faktor Psikologis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Lokasi penelitian ini di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, Jl. M.T. Haryono No.163 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang membeli dan menggunakan Handphone merek Samsung. Sampel sebanyak 102 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini adalah variabel Citra Merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Faktor Psikologis. Variabel Citra Merek tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Variabel Faktor Psikologis mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Variabel Citra Merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian melalui variabel Faktor Psikologis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Citra Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian, akan tetapi variabel Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian melalui variabel Faktor Psikologis.

English Abstract

The purposes of this research are: 1) To know and analyze the effects of Brand Image variable to Psychological Factors variable. 2) To know and analyze the effects of Brand Image variable to Purchasing Decision variable. 3) To know and analyze the effects of Psychological Factors variable to Purchasing Decision variable. 4) To know and analyze the effects of Brand Image variable to Purchasing Decision variable through Psychological Factors variable. Kind of research that is used is explanatory research. This research is conducted at Faculty of Administrative Science of Brawijaya University Malang, Jl. M.T. Haryono No. 163 Malang. The population of this research are the students majoring in Business Administration in the Faculty of Administrative Science at Brawijaya University that buy and use handphones made by Samsung. 102 respondents are taken as the sample using purposive sampling technique and the data are collected using questionnaire. The data are analyzed using descriptive analysis and path analysis. The result of this research are the Brand Image variable has significant effects to Psychological Factors variable. The Brand Image variable has not significant effects to Purchasing Decision variable. The Psychological Factors variable has significant effects to Purchasing Decision variable. The Brand Image variable has significant effects to Purchasing Decision variable through Psychological Factors variable. We can conclude that the Brand Image variable does not significantly effects Purchasing Decision variable. However, the Brand Image variable significantly effects Purchasing Decision variable though Psychological Factors variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/787/051708474
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Faktor Psikologis, dan Keputusan Pembelian.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:12
Last Modified: 16 Oct 2020 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2344
[thumbnail of Dian Wulan Fitriani.pdf]
Preview
Text
Dian Wulan Fitriani.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item