Pengaruh Green Advertising, Eco Brand, Dan Green Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Lampu Philips LED Di RW 12 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)

Gunarso, Albar (2017) Pengaruh Green Advertising, Eco Brand, Dan Green Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Lampu Philips LED Di RW 12 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Green Advertising, Eco Brand, dan Green Trust secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Green Advertising, Eco Brand, Green Trust, dan Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen lampu Philips LED di RW 12 yang memiliki 81 RT yang setiap RT nya terdapat sekitar 150 KK pada kelurahan Merjosari kecamatan Lowokwaru, kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan uji F variabel bebas Green Advertising, Eco Brand, dan Green Trust secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Green Advertising secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Eco Brand secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Green Trust secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa variabel Green Trust merupakan variabel yang berpengaruh signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Diharapkan pihak perusahaan dapat mempertahankan pelayanan terhadap Green Trust, karena variabel Green Trust mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian, diantaranya dengan mempunyai kepercayaan yang kuat dalam hal produk yang berkonsep ramah lingkungan. Green trust merupakan variabel utama yang terdapat dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

English Abstract

This research aims to determine the effect of Green Advertising, Eco Brand, and Green Trust simultaneously and partially to Buying Decision. The type of research is explanatory research with quantitative approach. Variable in this research are Green Advertising, Eco Brand, Green Trust, and Buying Decision. Population in this research are consumers of Philips LED lamps in RW 12 which has 81 RT with each RT there are about 150 families in Merjosari sub-district of Lowokwaru, Malang city. The sample used the research was 113 people chose with puposive sampling and data collection methods in questionnaire. Data analysis used descriptive statistical analysis, classical assumption test, and multiple linear regression analysis. The result of this research indicate that with the F test the independent variables which are Green Advertising, Eco Brand, and Green Trust simultaneously significant effect on Buying Decision. T test result indicate that the Green Advertising partially significant influence the Buying Decision, Eco Brand partially significant influence the Buying Decision, and Green Trust partially significant influence the Buying Decision. The t test results indicate that Green Trust variable is a variable that has a significant influence in influencing purchasing decision. It is expected that the company can maintain its service to Green Trust, since Green Trust variables have a dominant influence in influencing Purchasing Decision, such as by having strong trust in eco-friendly products concept. Green trust is the main variable in making a decision to make a purchase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/777/051708464
Uncontrolled Keywords: Green Advertising, Eco Brand, Green Trust, dan Keputusan Pembelian.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:29
Last Modified: 21 Oct 2020 05:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2256
[thumbnail of Albar Gunarso.pdf]
Preview
Text
Albar Gunarso.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item