Pengaruh Green Marketing Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Followers Instagram @Starbucksindonesia)

Firdaus, Naila Izzatul (2017) Pengaruh Green Marketing Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Followers Instagram @Starbucksindonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan pengaruh Green Marketing terhadap Brand Image; 2) Menjelaskan pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk; dan 3) Menjelaskan pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ada tiga, yaitu Green Marketing, Brand Image dan Keputusan Pembelian Produk. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada followers instagram @Starbucksindonesia dengan kriteria pernah melakukan pembelian di gerai Starbucks Coffee lebih dari satu kali dalam tiga bulan terakhir, berusia minimal 17 tahun dan mengetahui jika Starbucks merupakan perusahaan yang ramah lingkungan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 108 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Green Marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel Brand Image. Kemudian, variabel Green Marketing juga secara signifikan berpengaruh pada variabel Keputusan Pembelian Produk. Selanjutnya, variabel Brand Image juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian Produk. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Green Marketing secara tidak langsung berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk melalui Brand Image. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Starbucks mempertahankan green marketing yang telah dilakukan dan memperkuat brand image sebagai perusahaan yang „hijau‟.

English Abstract

This research aims to explain: 1) The influence of Green Marketing on Brand Image; 2) The influence of Green Marketing on Product Purchase Decision; and 3) The influence of Green Marketing on Product Purchase Decision. This research use explanatory research with quantitative approach. The variables that used are three: Green Marketing, Brand Image, and Product Purchase Decision. The collection of data obtained through a questionnaire which distribute on instagram‟s followers of @starbucksindonesia with respondent‟s criterias are consumer who bought on Starbucks Coffee at least once in last three months, aged 17 years old or older and know that Starbucks is an environmentally friendly company. The Sample in this research was 108 respondents. The sampling technique of this research use purposive sampling. The data analysis use descriptive analysis and path analysis. The results is Green Marketing significantly influence the Brand Image. Then, Green marketing also significantly influence on Product Purchase Decision. Furthermore, Brand Image also proven has significantly influence on Product Purchase Decision. The other result showed that Green Marketing indirectly influence Product Purchase Decision through Brand image. Based on this research‟s result, Starbucks have to maintains the green marketing and strengthens the brand image as a „green‟ company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/773/051708460
Uncontrolled Keywords: Green Marketing, Brand Image, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Sep 2017 01:46
Last Modified: 13 Oct 2020 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2248
[thumbnail of Naila Izzatul Firdaus.pdf]
Preview
Text
Naila Izzatul Firdaus.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item