Analisis Pendekatan Brand Positioning Pada Produk Tas Rajut Kaboki Di Benak Konsumen

Puteri, Indri Salas Kartika (2017) Analisis Pendekatan Brand Positioning Pada Produk Tas Rajut Kaboki Di Benak Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan brand positioning pada produk tas rajut Kaboki dalam benak konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Wawancara dilakukan pada dua jenis informan, yaitu perusahaan Kaboki sebagai pembuat brand positioning di benak konsumen dan konsumen tas rajut Kaboki. Brand positioning ini sendiri diperlukan untuk menekankan karakteristik unik dari sebuah produk dari para pesaingnya. Dengan membentuk brand positioning yang sudah diciptakan, kemudian konsumen membentuk brand positioning mereka sesuai dengan atribut yang sudah diciptakan oleh Kaboki. Melalui pendekatan brand positioning berdasarkan atribut (atribute positioning), positioning berdasarkan harga (price positioning), positioning berdasarkan penggunaan (use positioning), dimana bisa mengetahui brand Kaboki di benak konsumen. Kesimpulannya adalah dengan menetapkan segmentasi konsumen terlebih dahulu kemudian membentuk sebuah brand positioning berdasarkan atribut, harga serta penggunaan maka tas rajut Kaboki ada di benak konsumen dan menjadi pembeda dengan para pesaingnya.

English Abstract

The aim of this research is to determine the approach of brand positioning in knit bag products of Kaboki in consumer mind. This research using qualitative descriptive method with data collection technique through interview. Interviews were conducted on two types of informants, first, Kaboki company as a creator of brand positioning in consumers mind, and second, consumers of Kaboki knitwear bags. Brand positioning itself is necessary to emphasize the unique characteristics of products from its competitors. By forming brand positioning that has been created, then consumers form their brand positioning in accordance with the attributes that have been created by Kaboki. Through attribute positioning approach (positioning approach), price positioning, positioning based on usage (use positioning), then, it can be known position of brand Kaboki in consumer mind. The conclusion is that by defining the consumer segmentation first, forming brand positioning based on attribute, price and usage, then the knit bag Kaboki is in the mind of consumers, so it can be a differentiator with its competitors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/597/051706685
Uncontrolled Keywords: Brand Positioning, Segmentasi Pasar, Tas Rajut Kaboki
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Sep 2017 03:57
Last Modified: 11 Nov 2020 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2210
[thumbnail of Puteri, Indri Salas Kartika.pdf] Text
Puteri, Indri Salas Kartika.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item