Rahmani, Putri Hanifah and Iswahyuni,, S.Pd., M.Pd. (2023) An Analysis of Students’ Speaking Anxiety in English. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mempelajari bahasa adalah keterampilan yang sangat kompleks. Seseorang membutuhkan waktu untuk memahami bahasa baru, apalagi menguasainya. Ada banyak keterampilan yang perlu dikuasai dalam belajar bahasa. Dalam bahasa Inggris, ada satu keterampilan bahasa utama yaitu berbicara. Dan berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan. Keterampilan berbicara penting ketika belajar bahasa. Namun, karena bahasa Inggris adalah bahasa asing di Indonesia, siswa memiliki waktu terbatas untuk berlatih berbicara. Prosedur biasanya dilakukan di dalam kelas saja. Terdapat keuntungan dalam menguasai berbicara dalam bahasa Inggris, dengan belajar bahasa Inggris dengan lebih baik pasti akan membantu mereka untuk dapat berkomunikasi lebih baik dengan orang lain. Bahasa Inggris telah menjadi salah satu bahasa asing yang paling banyak dipelajari di Indonesia. Namun, para siswa memiliki waktu terbatas untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka karena mereka hanya menggunakan bahasa Inggris mereka di kelas bahasa Inggris saja. Oleh karena itu, siswa EFL dapat mengalami beberapa masalah karena kurangnya latihan. Oleh karena itu, ini dapat menyebabkan beberapa kendala bagi siswa dalam berbicara bahasa Inggris di kelas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kecemasan berbicara siswa di kelas bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah survei studi. Penelitian ini melibatkan mahasiswa semester enam Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Data diperoleh melalui kuesioner yang dirancang oleh Horwitz yaitu Foreign Language Classroom Anxiety. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama kecemasan berbicara siswa adalah kurangnya persiapan mereka di kelas bahasa Inggris dan ketakutan saat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang mengakibatkan kurangnya percaya diri.
English Abstract
Learning language is a very complex skill. A person needs some time to understand a new language, let alone mastering it. There are many skills that need to be mastered in learning language. And speaking is one of the four skills. Speaking skills are important when learning a language. However, as English is a foreign language in Indonesia, students have limited time to practice speaking. The procedure are usually conducted in the class only. There are also benefit in mastering speaking in English, with learning English better will difenitely help them to be able to communicate better with other people. English has become one of the most learned foreign language in Indonesia. However, the students have limited time to practice their English speaking skill because they commonly use their English in the English classroom only. Therefore, EFL students could have some issues because of the lack of practice. Hence, it could leads to some challenges for students in speaking English in the classroom. Hence, the aim of this research is to find out what factors causing students speaking anxiety in Engish classroom. The design of this research is survey study The study involved the sixth semester students of English Education Universitas Brawijaya. The data were collected through questionnaire designed by Horwitz which was Foreign Language Classroom Anxiety. The study results showed that the main factors of students’ speaking anxiety was thier lack of preparation in English classroom and their communication apprehension in speaking English language resulted in less confidence.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523120237 |
Uncontrolled Keywords: | Speaking Anxiety, EFL-Speaking Anxiety, EFL |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:56 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203844 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Hanifah Rahmani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |