Kharisma, Muhammad Akbar and Didik Hartono, S.S., M.Pd. (2023) A Systematic Literature Review Of Improving Reading Comprehension Skills Using Technology-Based Learning Media. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi pada zaman sekarang tidak dapat dihentikan. Dalam segala industri teknologi memegang peran penting. Tidak terkecuali dalam sektor pendidikan. Pembelajaran dengan berbasis teknologi sangat gencar dilakukan. Adanya bantuan teknologi juga mempermudah proses belajar mengajar. Seiring dengan perkembangan tersebut berbagai metodologi dan inovasi semakin masif bermunculan. Kualitas pengajaran dan pembelajaran semakin meningkat.Teknologi informasi dan komunikasi juga memainkan peran yang penting terutama dalam bidang pengajaran bahasa inggris sebagai bahasa kedua dan bahkan pengajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing Berdasarkan tinjauan penomena di atas maka peneliti ingin meneliti terkait apa saja yang diungkapkan oleh literatur terkait dengan karakteristik yang relevan dari peningkatan keterampilan membaca dan memahami dengan mdia pembelajaran dengan basis teknologi dan apa yang diloporkan tentang strategi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi pada saat mengajar membaca dan memahami pada kelas ESL dan apa saja manfaat serta motivasi yang diterima oleh siswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan Fenomonologi yang bersumber pada jurnal nasional dan juga internasional yang membahas tentang peningkatan pemahaman membaca dengan menggunakan media yang berbasis teknologi. Jurnal - jurnal yang menjadi bahan penelitian akan di akses melalui google schoolar, semantic dan situs jurnal lainnya yang akan dilaksanakan selama tiga bulan dari Maret hingga Mei 2023. Teknik pengumpulan data dengan Systematic Literature Review (SLR) Yang bersumber dari jurnal. Teknik analsis data menggunakan analisis model dari Miles dan Huberman yakni mengumpulan data, reduksi data, display data dan terakhir mengambil kesimpulan dari hasil penelitian. Bedasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakuka peneliti menemukan bahwa para siswa mengalami kesulitan saat belajar membaca dan memahami teks deskriptif. Kesulitan yang dialami siswa terbagi menjadi dua macam yani siswa mengalami kesulitan saat memahami dan menanalisis tekks bacaan dan kurangnya penguasaan kosa kata, minimnya latihan membaca dan strategi pengajaran membaca. Adapun solusi yang dilakukan oleh pengajar adalah dengan mengajak siswa untuk mneghafal kosakata, berlatih membaca dengan menganalisis serta memahami teks dan menerapkan tiga fase pembelajaran yakni pra-membaca- saat membaca - pasca membaca. Solusi yang telah dilakukan tersebut membuat para siswa lebih berkembang dan memahami sebuah bacaan.
English Abstract
The development of technology today is unstoppable. In all industries, technology plays an important role. The education sector is no exception. Technology-based learning is very intensively carried out. The existence of technological assistance also facilitates the teaching and learning process. Along with these developments, various methodologies and innovations are increasingly massive. Information and communication technology also plays an important role, especially in the field of teaching English as a second language and even teaching English as a foreign language. Based on the review of the above phenomenon, the researcher wants to examine what is revealed by the literature related to the relevant characteristics of improving reading and comprehension skills with technology-based learning media and what is reported about the strategy of using technology-based learning media when teaching reading and comprehension in ESL classes and what are the benefits and motivation received by students. The methodology used in this research is a descriptive qualitative approach. This research uses phenomonology sourced from national and international journals that discuss improving reading comprehension by using technology-based media. Journals that become research materials will be accessed through google schoolar, semantic and other journal sites which will be carried out for three months from March to May 2023. Data collection techniques with Systematic Literature Review (SLR) sourced from journals. The data analysis technique uses the analysis model from Miles and Huberman, namely collecting data, reducing data, displaying data and finally drawing conclusions from the research results.Based on the results of the research that has been conducted, the researcher found that students experience difficulties when learning to read and understand descriptive texts. The difficulties experienced by students are divided into two types, namely students having difficulty understanding and analyzing reading texts and lack of vocabulary mastery, lack of reading practice and reading teaching strategies. The solutions carried out by the teacher are to invite students to memorize vocabulary, practice reading by analyzing and understanding texts and apply the three phases of learning namely pre-reading - while reading - postreading. The solutions that have been done make students more developed and understand a reading.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523120193 |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Teknologi. Keterampilan Membaca, Pendidikan berbasis teknologi-Learning Media, Technology, Reading Skill, Technology-based Education |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 07:01 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 07:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203755 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Akbar Kharisma.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |