Analisis Pengaruh Sikap Peduli Lingkungan, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Saus Kemasan Botol Kaca Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS)

Maulida, Muna Galbia and Dr. Retno Astuti,, STP., MT. and Riska Septifani,, STP., MP. (2023) Analisis Pengaruh Sikap Peduli Lingkungan, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Saus Kemasan Botol Kaca Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk saus merupakan salah satu penyumbang sampah plastik dari sektor makanan dan minuman. Mayoritas produk saus yang dijual menggunakan kemasan berbahan plastik, seperti kemasan sachet, pouch, dan botol plastik karena harga kemasan plastik relatif lebih murah dibandingkan dengan kemasan ramah lingkungan. Salah satu upaya untuk mengurangi penumpukkan sampah plastik adalah menggunakan kemasan yang dapat digunakan kembali dan bersifat lebih ramah lingkungan. Kemasan kaca memiliki sifat yang baik dalam menyimpan suatu produk pangan dan dapat didaur ulang berkali-kali tanpa menurunkan kualitas dari bahan kemasannya, sehingga bisa menjadi opsi kemasan yang bersifat lebih ramah lingkungan. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk saus kemasan botol kaca, yaitu sikap peduli lingkungan, harga, dan citra merek. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sikap peduli lingkungan, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk saus kemasan botol kaca. Penelitian ini menggunakan variabel sikap peduli lingkungan (X1), harga (X2), citra merek (X3), dan keputusan pembelian (Y). Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 sampel responden yang pernah membeli produk saus kemasan botol kaca maksimal 6 bulan terakhir dengan rentang usia 15-64 tahun. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) dan diolah menggunakan software SmartPLS. Partial Least Square (PLS) adalah metode analisis yang digunakan untuk mengonfirmasi teori dan menjelaskan hubungan antara variabel laten. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap peduli lingkungan (X1), harga (X2), dan citra merek (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) produk saus kemasan botol kaca. Variabel sikap peduli lingkungan (X1) memiliki koefisien jalur sebesar 0,254, variabel harga (X2) memiliki koefisien jalur sebesar 0,301, dan variabel citra merek (X3) memiliki koefisien jalur sebesar 0,362.

English Abstract

Sauce products are one of the contributors to plastic waste from the food and beverage sector. The majority of sauce products that sold use plastic packaging, such as sachets, pouches, and plastic bottles because the price of plastic packaging is relatively cheaper compared to environmentally friendly packaging. One of the efforts that can reduce the accumulation of plastic waste is to use packaging that can be reused and more environmentally friendly. Glass packaging has good properties in storing a food product and can be recycled many times without reducing the quality of the packaging material, so it can be a packaging option that is more environmentally friendly. Several factors that can influence consumer purchasing decisions in buying glass bottled sauce products are environmental care attitude, price, and brand image. Therefore, this study aims to determine the effect of environmental care, price, and brand image on purchasing decisions of glass bottled sauce products. This study uses the variables of environmental care attitude (X1), price (X2), brand image (X3), and purchasing decisions (Y). Data collection was carried out by distributing questionnaires to 100 samples of respondents who had bought sauce products in glass bottles in the last 6 months with an age range of 15-64 years. The collected data were analyzed using the Partial Least Square (PLS) method and processed using SmartPLS software. Partial Least Square (PLS) is an analytical method used to confirm theory and explain a relationship between latent variables. The results of this study indicate that the variables of environmental care attitude (X1), price (X2), and brand image (X3) have a significant influence on purchasing decisions (Y) for sauce products packaged in glass bottles. The environmental care attitude variable (X1) has a path coefficient of 0,254, the price variable (X2) has a path coefficient of 0,301, and the brand image variable (X3) has a path coefficient of 0,362.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523100033
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian, Kemasan Botol Kaca, Sikap Peduli Lingkungan,Brand Image, Environmental Care Attitude, Glass Bottle Packaging, Purchase Decision, Price
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:14
Last Modified: 28 Jul 2023 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202212
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muna Galbia Maulida.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item