Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Chicken Salad Katering Dailee Smoothies dengan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index

Saraswati, Amalia and Siti Asmaul Mustaniroh,, STP, MP. and Panji Deoranto,, STP, MP. (2023) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Chicken Salad Katering Dailee Smoothies dengan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi kuliner untuk menjadi usaha bisnis tetap menjanjikan saat ini. Meskipun terkena dampak covid-19, industri makanan dan minuman tetap tumbuh positiv sebesar 3,49% berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik tahun 2021. Salah satu usaha kuliner yang memiliki peluang besar pada saat pandemi yaitu katering sehat. Dailee Smoothies adalah salah satu katering sehat yang beroperasi di Malang, tepatnya di Jl. Andromeda no. 10 semenjak tahun 2017. Chicken salad merupakan salah satu produk makanan yang popular di katering mereka berdasarkan wawancara dengan pemilik katering dan respon pelanggan. Oleh karena itu, chicken salad menjadi produk yang akan dianalisis dalam penelitian ini. Permasalahan yang timbul di katering dailee smoothies ini yaitu keterlambatan pengiriman produk hingga 30 menit membuat konsumen menunggu. Hal ini menyebabkan konsumen merasa tidak puas dengan kualitas produk salad dan kinerja dari katering. Konsumen juga mengeluhkan porsi produk yang tidak konsisten, jumlah karbohidrat dan vitamin yang tidak seimbang dan varian isi yang tidak pernah berganti. Oleh karena itu, perlu adanya informasi mengenai atribut produk yang diprioritaskan untuk dipertahankan atau diperbaiki serta tingkat kepuasan konsumen. Peneliti akan menganalisis atribut kualitas produk salad katering Dailee Smoothies yang perlu ditingkakan serta dipertahankan kualitasnya untuk perbaikan dan pengembangan dengan menggunakan metode IPA serta menganalisis tingkat kepuasan konsumen menggunakan metode CSI. Pengukuran kualitas produk menggunakan 8 dimensi yaitu performance, features, durability, reliability, conformance, serviceability, aesthetics dan perceived quality sesuai dengan permasalahan yang terjadi di katering Dailee Smoothies. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan 32 responden yang sudah pernah membeli dan mengkonsumsi produk minimal 2 kali. Responden yang digunakan berusia lebih dari 17 tahun karena pada usia tersebut dianggap sudah mampu memberikan penilaian yang tepat. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga Mei 2022. Berdasarkan hasil analisis dengan metode IPA, pada kuadran I terdapat beberapa atribut yang perlu diperbaiki seperti variasi produk, porsi produk, melayani konsumen membeli produk, promosi dan iklan serta pengiriman produk. Atribut pada kuadran II yang perlu dipertahankan yaitu kesegaran bahan baku, harga, jaminan pasca pembelian, manfaat dan ketahanan kemasan. Atribut pada kuadran III yaitu informasi produk, kemasan praktis, ketersediaan produk yang dijual, desain kemasan, dan warna kemasan. Atribut pada kuadran IV yaitu popularitas produk, ketahanan produk, tampilan produk dan produk tanpa bahan pengawet dan penyedap. Hasil analisis CSI tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk chicken salad diperoleh sebesar 73,83%, yang berada pada rentang nilai 0,66-0,80 menunjukkan konsumen merasa puas dengan kualitas produk. Meskipun nilai CSI telah menunjukkan konsumen puas terhadap kualitas produk, pihak katering terus meningkatkan kinerja dari atribut produk sehingga nilai CSI dapat mencapai 100%.

English Abstract

Culinary can be potentially become a promising business today. Despite being affected by COVID-19, the food and beverage industry continues to grow positively by 3.49% based on data obtained from the Central Statistics Agency 2021. One of the culinary businesses that increase is catering business, especially healthy catering. Dailee Smoothies is a healthy catering that operates in Malang, precisely on Andromeda street no. 10 since 2017Salad is one of the popular products in their catering based on interviews with catering owners and customer responses. Therefore, chicken salad is the product that will be analyzed in this study. The problem that arises in the Dailee Smoothies catering is that delays in product delivery of up to 30 minutes make consumers wait. This causes consumers to feel dissatisfied with the quality of salad products and the performance of the catering. Consumers also complain about the small portion of the product and the content variants that never change. Therefore, it is necessary to have information regarding product attributes that are prioritized to be maintained and improved as well as the level of customer satisfaction. Researcher will analyze the quality attributes of Dailee Smoothies catering salad products that need to be improved and maintained for improvement and development using the IPA method and analyze the level of customer satisfaction using the CSI method. The questionnaire was distributed to 32 respondents who had purchased the product at least 2 times. Respondents who are used are more than 17 years old because at that age they are considered to be able to provide the right assessment. Based on the results of the analysis using the IPA method, in quadrant I there are several attributes that need to be improved such as product variety, product portion, serving consumers buying products, promotion and advertising and product delivery. Attributes in quadrant II that need to be maintained are raw material freshness, price, post-purchase guarantee, benefits and packaging durability. Attributes in quadrant III are product information, practical packaging, product availability, packaging design, and packaging color. Attributes in quadrant IV are product popularity, product durability, product appearance and products without preservatives and flavorings. The results of the CSI analysis of the level of consumer satisfaction with the quality of chicken salad products were obtained at 73.83%, which is in the value range of 0.66-0.80 indicating consumers are satisfied with product quality. Even though the CSI value has shown that consumers are satisfied with product quality, the catering continues to improve the performance of the product attributes so that the CSI value can reach 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523100003
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Chicken Salad,Consumen Satisfaction, Product Quality, Chicken Salad
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:41
Last Modified: 21 Jul 2023 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202037
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amalia Saraswati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item