Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Tradisisonal Jawa Barat Cireng Cipok Di Kota Tasikmalaya

Wildan, Muhammad Ilham and Prof. Dr. Ir.Kliwon Hidayat, MS and Fitrotul Laili, SP.,MP. (2022) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Tradisisonal Jawa Barat Cireng Cipok Di Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki ragam kuliner yang keberadaannya perlu untuk dikembangkan dan dilestarikan agar tidak hilang. Makanan tradisional atau kuliner lokal merupakan jenis makanan yang berkaitan erat dengan suatu daerah. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan wisata dan juga di kenal sebagai provinsi dengan berbagai macam makanan yang unik dan inovatif. Salah satu makanan tradisional khas Jawa Barat adalah cireng. Berbagai inovasi cireng bermunculan di daerah Jawa Barat dan berlomba-lomba dalam menarik minat konsumen dengan menawarkan menu cireng yang memiliki ciri khas masing-masing. Hal tersebut menjadi permasalahan yang berkaitan dengan usaha Cireng Cipok ini antara lain penurunan penjualan, minimnya promosi, dan perlunya inovasi dalam menarik minat konsumen, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat, yaitu bauran pemasaran 7P serta memahami perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian agar bisa memenangkan persaingan dalam usaha yang sejenis serta dapat menjadikan pilihan utama oleh konsumen. Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan strategi kombinasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran. Terdapat 7 elemen dalam bauran pemasaran yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion), lokasi (place), orang (people), proses (procces), dan bukti fisik (physical evidence). Dengan adanya tujuh komponen bauran pemsaran harapannya gerai Cireng Cipok dapat mencapai target penjualan dan tujuan pemasarannya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu Menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian makanan tradisional Jawa Barat Cireng Cipok di Kota Tasikmalaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis SEM-PLS dengan bantuan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gerai Cireng Cipok BKR variabel Orang dan Proses berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sehingga perlunya konsitensi dan peningkatan agar meningakatan keputusan pembelian di gerai Cireng Cipok BKR. Sedangkan Produk, Harga, Lokasi, Promosi, dan Bukti Fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sehingga perlu adanya evaluasi dan perbaikan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian. Sedangkan pada gerai Cireng Cipok Mangkubumi variabel yang berpengaruh signifikan yaitu variabel Produk, Promosi dan Proses. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu variabel Harga, Lokasi, Orang dan Bukti Fisik sehingga perlu diperbaiki agar dapat meningkatkan keputusan pembelian di gerai Cireng Cipok Mangkubumi.

English Abstract

Indonesia has a variety of culinary delights whose existence needs to be developed and preserved so they don't disappear. Traditional food or local culinary is a type of food that is closely related to an area. West Java is one of the provinces in Indonesia which has a wealth of tourism and is also known as a province with a variety of unique and innovative foods. One of the traditional foods typical of West Java is cireng. Various cireng innovations have sprung up in the West Java area and are competing to attract consumer interest by offering cireng menus that have their own characteristics. This is a problem related to the Cireng Cipok business, including decreased sales, lack of promotion, and the need for innovation in attracting consumer interest, so that an appropriate marketing strategy is needed, namely the marketing mix 7P and understanding consumer behavior in making purchasing decisions so that they can win the competition in a similar business and can make the main choice by consumers. Marketing mix (marketing mix) is a combination strategy undertaken by the company in conducting marketing. There are 7 elements in the marketing mix, namely product, price, promotion, location, people, process, and physical evidence. With the seven components of the marketing mix, it is hoped that Cireng Cipok outlets can achieve their sales targets and marketing objectives. Based on these problems, the purpose of this study is to analyze the influence of the marketing mix on purchasing decisions for West Java traditional food Cireng Cipok in Tasikmalaya City. The approach used in this research is a quantitative approach with a survey method. The method of determining the sample in this study used a purposive sampling technique with a total of 100 respondents. The analytical tool used is SEM-PLS analysis with the help of WarpPLS 7.0 software. The results showed that at Cireng Cipok BKR outlets the People and Process variables had a positive and significant effect on purchasing decisions so that consistency and improvement were needed in order to improve purchasing decisions at Cireng Cipok BKR outlets. While Product, Price, Location, Promotion, and Physical Evidence do not have a significant effect on purchasing decisions, so that there is a need for evaluation and improvement in order to improve purchasing decisions. Meanwhile, at the Cireng Cipok Mangkubumi outlet, the variables that have a significant effect are Product, Promotion and Process variables. While the variables that do not affect the purchase decision are the variable Price, Location, People and Physical Evidence so that it needs to be improved in order to increase purchasing decisions at Cireng Cipok Mangkubumi outlets.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040106
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 08 Jun 2023 08:21
Last Modified: 08 Jun 2023 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201233
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD ILHAM WILDAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item