Learning Strategies Used By The EFL High Achievers Of SMPN 15 Malang

Damanik, Uci Riandayani and Dr. Moh. Hasbullah Isnaini, M.Pd. (2020) Learning Strategies Used By The EFL High Achievers Of SMPN 15 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Belajar bahasa Inggris sangat penting karena bahasa Inggris adalah salah satu konten lokal di Indonesia. Untuk menguasai bahasa ini, siswa menggunakan beberapa strategi pembelajaran untuk mendapatkan prestasi yang lebih tinggi. Banyak siswa yang mengalami kebingungan dalam memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan diri mereka. Terutama bagi siswa dengan pencapaian rendah yang belum mengetahui strategi belajar terbaik yang sesuai dengan gaya belajar mereka. Selanjutnya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan oleh siswa dengan prestasi belajar Bahasa Inggris tertinggi di SMPN 15 Malang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa menguasai bahasa Inggris terutama untuk siswa dengan pencapaian belajar yang rendah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakandesain studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga orang dengan prestasi tertinggi yang mempunyai nilai tertinggi, berpartisipasi aktif dalam kelas Bahasa Inggris, pernah mengikuti olimpiade Bahasa Inggris dan tergabung kedalam ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMPN 15 Malang. Prosedur penelitian penelitian ini dibagi menjadi tiga langkah yaitu memilih subjek, mengumpulkan data dan menganalisis data. Data dikumpulkan dari sesi wawancara. Peneliti telah menyederhanakan informasi wawancara dengan menyimpulkan hasilnya menjadi transkripsi. Hasilnya disimpulkan berdasarkan jawaban mayoritas strategi mana yang cenderung lebih besar digunakan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa strategi kompensasi memiliki persen yang lebih tinggi yaitu 280 dari 300 persen, kemudian diikuti dengan strategi kognitif (257 dari 300 persen), strategi kompensasi (225 dari 300 persen), strategi memori (216 dari 300 persen), strategi sosial (180 dari 300 persen) dan yang terakhir adalah strategi afektif yaitu 175 dari 300 persen. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berprestasi di SMPN 15 Malang cenderung menggunakan strategi metakognitif dan jarang menggunakan strategi afektif dalam pembelajaran

English Abstract

Learning English is important because English is one of the local content in Indonesia. In order to master this language, students have to use several learning strategies to get higher achievement. Many students are still confused to choose the appropriate strategies in learning the language especially for students with low achievement. They are still confused about the best strategy for them to use and which one is suitable with their learning style. Furthermore, the objective of this study is to find out the learning strategies used by high achievers of SMPN 15 Malang. The result of this study is expected to help the students mastering English especially for low achiever students. This research used qualitative research which employed a case study design. The participants of this reasearch were three high achievers who had high scores and were actively participated in English class, English tournament and English club. The three participants were from VII B, VII D and VII G. The researcher has selected the sample from 291 students that were divided into nine classes of the first graders in SMPN 15 Malang. The research procedure of this study divided into three steps which are selecting the subject, collecting the data and analyzing the data. The data was collected from interview session. The researcher had simplified the information of the interview by concluding the result into transcription. The result was concluded based on the majority answers of which strategy were mostly used. This study shown a result that compensation strategies has the higher percent which was 280 from 300 percent, then followed by cognitive strategies (257 from 300 percent), compensation strategies (225 from 300 percent), memory strategies (216 from 300 percent), social strategies (180 from 300 percent) and the last is affective strategies which was 175 from 300 percent. Therefore, this study shown that the high achiever student of SMPN 15 Malang used metacognitive strategies and rarely used affective strategies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120249
Uncontrolled Keywords: English, Learning Strategies, Achievement, Bahasa Inggris, Strategi Pembelajaran, Prestasi
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 May 2023 06:13
Last Modified: 30 Sep 2024 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200001
[thumbnail of Uci Riandayani Damanik.pdf] Text
Uci Riandayani Damanik.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item