A Correlation Study between Students’ Reading Habit and Their Writing Ability in Argumentative Text

Danissa, Sistalia Mustika Putri and Ika Puspitasari, S.S., S.Pd., M.Pd. (2020) A Correlation Study between Students’ Reading Habit and Their Writing Ability in Argumentative Text. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut Wallace dan Larsen (1987), membaca adalah proses yang memiliki banyak segi, yang dapat digambarkan pada berbagai tahap waktu dan perkembangan sebagai proses berpikir. Membaca merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dipelajari saat belajar bahasa Inggris. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, kebiasaan membaca menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis seseorang. Koons (2008) menyatakan bahwa kebiasaan membaca dapat meningkatkan komponen menulis, salah satunya adalah tata bahasa. Ketika orang memiliki kebiasaan membaca yang baik, mereka akan memiliki tulisan yang bagus. Itu senada dengan Iftanti (2012) bahwa membaca sebagai salah satu indikator literasi adalah seni menafsirkan wacana tertulis. Dengan demikian, kebiasaan membaca mempengaruhi kemampuan menulis seseorang. Di Indonesia sebagian besar masyarakat memiliki minat baca yang rendah, terutama para remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dan kemampuan menulis secara umum. Subjek penelitian ini adalah 100 mahasiswa semester empat Program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data yang diadaptasi dari Paramitha (2019) yang diadaptasi dari kuesioner Gaona dan Gonzales. Kemudian, data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi di SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya korelasi antara kebiasaan membaca dan kemampuan menulis sebesar 87,7%, sedangkan sisanya disebabkan oleh variabel lain. Artinya ketika siswa memiliki tingkat kebiasaan membaca yang tinggi, mereka memiliki nilai kemampuan menulis yang tinggi. Iftanti (2012) juga menyebutkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan membaca yang baik akan memiliki nilai yang baik pula dalam menulis. Oleh karena itu, penulis menyarankan peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian serupa dengan menggunakan variabel yang berbeda atau pendekatan kualitatif

English Abstract

According to Wallace and Larsen (1987), reading is a multifaceted process, which can be described at various time and developmental stages as a thinking process. Reading is one of important skills to be learned when learning English. In learning English, reading habit becomes one of the factors that influences someone’s writing ability. Koons (2008) stated that reading habit can improve components of writing, for example is grammar. When people have a good reading habit, they will have a good writing. Thus, reading habit influences writing ability of someone. It is in line with Iftanti (2012) that reading as one of the indicators of being literate is an art of interpreting a written discourse. In Indonesia, most people have a low interest in reading, especially teenagers. This study aims at finding out correlation between reading habit and writing ability in general. The subjects of this study were 100 fourth-semester students of English Language Education Program. The method used in this study was quantitative with correlational design. This study used questionnaires as the instrument to collect the data adapted from Paramitha (2019) which was adapted from Gaona and Gonzales questionnaire. Then, the collected data were analyzed using regression analysis in SPSS. The study revealed that the extent of correlation between reading habit and writing ability was 87.7%, while the rest was caused by other variables. It means when students have a high level of reading habit, they have a great score on writing ability. Iftanti (2012) also mentioned that people who have good reading habit, they will have a good score in writing too. Therefore, the writer suggests future researcher to conduct similar research using different variables or qualitative approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120239
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kebiasaan Membaca, Kemampuan Menulis, Correlation, Reading Habit, Writing Ability
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 19 May 2023 07:34
Last Modified: 30 Sep 2024 08:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199929
[thumbnail of Sistalia Mustika Putri Danissa.pdf] Text
Sistalia Mustika Putri Danissa.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item