Wijaya, Reno and Dr. Moh. Hasbullah Isnaini, S.Pd., M.Pd (2020) EFL Students Perception of Lecturer’s Oral Feedback in Public Speaking Class. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persepsi mahasiswa terhadap umpan balik lisan dapat dipahami sebagai kemampuan individu dalam memahami lingkungannya dengan cara merasakan, mendengar, memikirkan dan mempresentasikan gagasan apa yang mereka dapatkan setelah menerima umpan balik lisan yang diberikan oleh orang lain. Karena siswa EFL dianggap berada di kelas Public Speaking, siswa seringkali menghadapi masalah dalam menerima umpan balik lisan dari orang lain karena siswa belum siap untuk mendapatkan evaluasi negatif yang membuat mereka merasa cemas dan tidak percaya diri. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini membahas tentang persepsi siswa EFL tentang pentingnya memberikan umpan balik lisan oleh dosen di kelas Public Speaking. Peneliti menggunakan desain survei dan menyebarkan kuesioner kepada 125 siswa EFL Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya sebagai subjek penelitian. Mata kuliah Public Speaking merupakan salah satu syarat untuk lulus pada Program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya, oleh karena itu peneliti berharap dengan melakukan penelitian ini dapat membantu siswa EFL untuk lebih peka dengan umpan balik lisan yang diberikan oleh dosen karena pengajar dimaksudkan untuk peduli dengan pekerjaan siswa juga untuk mempromosikan kinerja yang lebih baik di masa depan. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Mohamed Elsaghayer (2014). Microsoft Excel 2013 digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa EFL yang mengambil mata kuliah Public Speaking harus peka terhadap umpan balik lisan yang diberikan oleh dosen terkait kecemasan kinerja takut akan umpan balik negatif, khawatir akan konsekuensi gagalnya kelas Public Speaking, merasa sulit dan tidak nyaman dalam menerima. umpan balik lisan. Peneliti menyarankan agar mahasiswa mengetahui domain mana yang menjadi perhatian mereka, mana yang menjadi kelemahan mereka, sehingga mereka bisa bersiap untuk mengatasi masalah tersebut. Peneliti juga berharap hasil penelitian ini dapat membantu dalam hal bahan ajar yang sesuai dengan setiap karakteristik mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya dan menginspirasi dosen untuk lebih kreatif dalam memfasilitasi mahasiswa Bahasa Inggris. Untuk peneliti selanjutnya, peneliti menyarankan agar mereka dapat membawa penelitian ini ke tingkat yang lebih tinggi dengan mengeksplorasi lebih banyak persepsi siswa EFL terhadap umpan balik lisan yang diberikan oleh dosen di kelas berbicara di depan umum tidak hanya dalam persepsi siswa, masalah siswa, dan tanggapan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini akan menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya.
English Abstract
Students’ perception of oral feedback can be understood as individuals’ ability to understand their environment by feeling, hearing, thinking, and presenting what ideas they have got right after receiving the oral feedback given by the other. Since EFL students are considered to be in Public Speaking class, they often face some problems receiving oral feedback from others because they are not ready to get a negative evaluation, making them feel anxious and unconfident. Therefore, the researcher conducts this study. This study discussed EFL students’ perceptions regarding the importance of giving oral feedback from the lecturer in Public Speaking classes. The researcher used a survey design and distributed the questionnaire to the 125 EFL students in English Language Education Program of Universitas Brawijaya as the study's subject. A Public Speaking course is one of the requirements to graduate in the English Education Program at Universitas Brawijaya. Therefore the researcher expects that doing this research could help the EFL students to be more aware of the lecturer’s oral feedback because the lecturer is intended to care about students’ work also to promote better performance in the future. The instrument of the study was a questionnaire adapted and modified from Elsaghayer (2014). Microsoft Excel 2013 is used to analyze the data obtained from the questionnaire. The result shows that EFL students who are taking the Public Speaking course should be aware of oral feedback given by the lecturer related to performance anxieties, fear of negative feedback, worry about the consequences of failing Public Speaking class, feel difficult and uncomfortable in receiving oral feedback. The researcher suggests for the students; they will know which domains should be their concern, which one is their weakness, so they can be prepared to overcome them. The researcher also expects the result of the research could help in terms of teaching-learning materials suitable with every characteristic of the students in English Language Education of Universitas Brawijaya and inspire the lecturer to be more creative in facilitating English language students. For the next researcher, the researcher suggests that they could bring this research to a higher level by exploring more EFL students’ perception of oral feedback given by the lecturer in Public Speaking class not only in students’ perception, students’ problem, and students’ response. Therefore, this study will be such a reference for future researchers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120230 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Mahasiswa, Umpan Balik Lisan, Public Speaking, Students Perception, Oral Feedback, Public Speaking |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 19 May 2023 01:06 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 07:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199843 |
Text
Reno Wijaya.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |