Iqbal, Mohammad and Irene Nany Kusumawardani, S.Hum., M.Li., (2022) Developing Materials Using Harry Potter Movies For Students’ Speaking Skills In Sman 1 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Proses Belajar Mengajar dapat dilakukan melalui berbagai metode, namun yang paling cocok untuk era dan generasi saat ini adalah melalui audio dan visual. Siswa saat ini memahami materi dengan lebih baik melalui sesuatu yang mereka sukai dan tertarik daripada menggunakan metode konservatif seperti membaca buku teks. Salah satu media yang digunakan adalah Film dan materi disampaikan melalui presentasi. Cara ini jarang digunakan di SMA seluruh Indonesia. Maka peneliti mencoba mengembangkan materi yang diterapkan di SMAN 1 Batu dan mengetahui apakah dampak penggunaan Film dan presentasi yang dirasakan oleh siswa dan guru lebih baik daripada cara konservatif. Penelitian ini melibatkan 5 informan yang terdiri dari 4 siswa kelas 11 yang direkomendasikan dan 1 guru bahasa Inggris sebagai subjek penelitian. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Aspek terkait pengumpulan data dan analisis data menggunakan metode dari Akker (1999). Studi ini menemukan bahwa mengembangkan materi dengan menggunakan Film membawa dampak positif bagi informan. Semua informan yang terdiri dari 4 orang siswa dan 1 orang guru semuanya setuju bahwa menggunakan film sebagai materi merupakan media yang efektif. Keaslian bahasa yang dibawakan oleh Film Bahasa Inggris memberikan konteks dan pengucapan yang benar, juga memberikan daya tarik yang membantu siswa belajar lebih cepat. Penyampaian materi melalui presentasi PowerPoint juga memudahkan peneliti dalam menyampaikan materi dan mahasiswa lebih mudah memahami materi. Penggunaan film dan presentasi dengan menciptakan suasana interaktif di dalam kelas diapresiasi bahkan oleh guru penanggung jawab dan ahli materi. Penelitian ini berfokus pada pengembangan materi yang menekankan pada kemutakhiran materi, urutan penyajian, kesesuaian contoh, latihan untuk siswa, kesesuaian gambar dan video yang disediakan, dan kelugasan bahasa. Namun penelitian ini tidak dapat mencakup semua elemen yang ada di lokasi penelitian. Oleh karena itu penulis mengharapkan peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian serupa dan menggali permasalahan tersebut, seperti kesulitan atau hambatan sarana dan prasarana serta pengetahuan mahasiswa, oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan desain penelitian kuantitatif untuk mengukur indikator dengan lebih baik.
English Abstract
Teaching and Learning can be done through various methods, but the one that is most suitable for this era and generation is through audio and visual. Students today grasp materials better through something they enjoy and attracted to rather than using conservative methods like reading textbooks. One of the medium used is Movies and the materials delivered through presentations. This method is rarely used in Highschools throughout Indonesia. So the researcher tried developing materials which is implemented in SMAN 1 Batu and find out whether the impact of using Movies and presentations felt by the students and teachers are better than conservative ways. The study involved 5 informants consisting of 4 recommended 11th graders and 1 English teachers as research subjects. The design used in this study is qualitative. Therefore, the study used interviews and observations as instruments to collect data. The related aspects of data collection and data analysist using methods from Akker (1999). The study found that developing materials by using Movies bring positive impact to informants. All of the informants, which consists of 4 students and a teacher all agree that using Movies as materials is an effective medium. The authenticity of language brought by English Movies gives context and correct pronunciation, also gives attractiveness that helps students learn quicker. By delivering materials through PowerPoint presentations also makes it easy for the researcher to deliver the materials and for the students to grasp the materials better. The use of Movies and presentations with creating an interactive atmosphere in the classroom is commended even by the teacher in charge and by the materials expert. This research focuses on the development of materials that emphasize in up to date materials, presentation order, suitability of examples, exercises for the students, appropriateness of pictures and videos provided, and language straightforwardness. But this study could not cover all the elements that are in the research site. The authors therefore expect further researchers to conduct similar research and explore these issues, such as the difficulties or barriers of facilities and infrastructure and the students knowledge, thus for further researcher it is best to use quantitative research design to better measure the indicators.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120319 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Materi, Keterampilan Berbicara, Film, Materials Development, Speaking Skills, Movies |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 16 May 2023 01:51 |
Last Modified: | 16 May 2023 01:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199616 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MOHAMAD IQBAL.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |