Sugiharto, M Dhimas Agung and Dr. Sugeng Susilo Adi, M.Hum. (2020) Students’ Perception about YouTube Learning English Channels in Improving Vocabulary. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan internet telah memicu pergeseran dunia pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris dari pertemuan tatap muka konvensional menuju pendidikan yang lebih terbuka seperti memanfaatkan beberapa platform online. Salah satu platform online yang bisa digunakan adalah YouTube. YouTube merupakan platform online yang menyediakan video dalam berbagai bidang, mulai dari hiburan, teknologi, sosial budaya, pendidikan dan lain sebagainya. Saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris seperti Learn English with Lucy, BBC Learning English, dan sebagainya adalah saluran di bidang pendidikan untuk pembelajaran bahasa Inggris. Melihat fakta tersebut, maka peneliti melakukan survei dan wawancara kepada mahasiswa untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris dalam meningkatkan kosa kata. Peneliti memilih kosakata karena merupakan salah satu komponen bahasa yang berperan penting dalam penguasaan bahasa itu sendiri. Peneliti melakukan penelitian ini pada mahasiswa semester 5 dan 7 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Penelitian ini membahas tentang persepsi mahasiswa tentang saluran pembelajaran bahasa Inggris YouTube dalam meningkatkan kosakata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Untuk desainnya, peneliti menggunakan studi survei. Untuk memperkuat hasil, peneliti menambahkan wawancara. Ada 100 kuesioner yang direspon oleh siswa secara keseluruhan.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris dalam meningkatkan kosakata siswa memiliki dampak positif bagi siswa. Hasilnya terbagi menjadi 3 aspek yaitu kegunaan saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris, Kemudahan penggunaan saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris, dan sikap siswa terhadap saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris dalam meningkatkan kosakata. Sebagian besar siswa sangat setuju bahwa saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris dapat membantu siswa dalam memperkaya kosa kata mereka. Siswa mengatakan bahwa saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris telah memperkenalkan mereka pada banyak kata tidak umum yang tidak pernah mereka ketahui sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris sangat membantu siswa tidak hanya dalam pemaknaan kata tetapi juga dalam penampilan kata-kata seperti bagaimana menggunakan dan mengucapkan kata- kata tersebut. Siswa juga setuju bahwa saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris dapat menjadi platform pembelajaran yang mudah dan menarik dalam memperkaya kosa kata mereka. Sebagian besar siswa suka dan senang belajar bahasa Inggris dengan menggunakan saluran YouTube pembelajaran bahasa Inggris. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan fitur YouTube lainnya pada institusi pendidikan lain.
English Abstract
The use of internet has triggered a shift in the world of English language teaching and learning from conventional face-to-face meetings towards more open education such utilizing some online platforms. One of the online platforms that can be used is YouTube. YouTube is an online platform that provides videos on various fields, from entertainment, technology, socio-culture, education and so on. YouTube learning English channel such as learn English with lucy, BBC learning English, and so on is educational channel for learning English. Considering that fact, the researcher conducts a survey and interview to university students to know the students’ perception about YouTube learning English channels in improving vocabulary. The researcher chose vocabulary because it is one of language component that plays an important part in mastering the language itself. The researcher conducts this research on the 5th and 7th semester students at English Education Program of Faculty of Cultural Studies of Brawijaya University. This study discussed about the university students’ perceptions of YouTube learning English channels in improving vocabulary. This study was conducted by using quantitative method. For the design, the researcher used survey study. For strengthening the result, the researcher added interview. There were 100 questionnaires responded by the students in total. The result of this study shows that the use of YouTube learning English channels in improving students’ vocabulary has a positive impact for students. The results are divided into 3 aspects which are the usefulness of YouTube learning English channels, the ease of YouTube learning English channels, and students’ attitude towards YouTube learning English channels in improving vocabulary. Students mostly strongly agree that YouTube learning English channels could help students in enriching their vocabulary. Students said that YouTube learning English channel has introduced them to many uncommon words that they never knew before. The result of this study proved that the use of YouTube learning English channel really helps the students not only in the meaning of word but also in the performance of the words such as how to use and speak the words. Students also agreed that YouTube learning English channel might be an easy and attractive learning platform in enriching their vocabulary. Most of the students are loved and enjoyed in learning English by using YouTube learning English channels. The researcher suggests the next researchers to develop this study by using another feature of YouTube in other educational institution.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120204 |
Uncontrolled Keywords: | Kosakata, Saluran YouTube Pembelajaran Bahasa Inggris, Persepsi Siswa, YouTube Learning English Channels, Students’ Perception |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 15 May 2023 06:12 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199558 |
![]() |
Text
M DHIMAS AGUNG SUGIHARTO.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |