The Use of YouTube as Self-Study Media for EFL Students’ Speaking Skill

Aini, Ivana Armedika Nabila Arif and Dr. Moh. Hasbullah Isnaini, S.Pd., M.Pd. (2022) The Use of YouTube as Self-Study Media for EFL Students’ Speaking Skill. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam dunia pendidikan, penggunaan ICT sudah sangat lumrah terlebih lagi setelah siswa melewati masa pandemi. Sehubungan dengan itu, penggunaan media sangat penting dalam pembelajaran. YouTube merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan dengan adanya ICT. Belajar mandiri merupakan kegiatan yang dilakukan secara mandiri untuk mencapai tujuan belajar mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan YouTube sebagai media belajar mandiri bagi siswa SMKN 3 Malang dalam pembelajaran bahasa Inggris pada keterampilan berbicara mereka. Untuk menyelidiki masalah penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode studi kasus. Peneliti melakukan wawancara semi terstruktur yang terdiri dari 15 pertanyaan sebagai instrument. Peneliti menggunakan Atlas.ti untuk menganalisis data. Penelitian memperoleh data dari siswa kelas XI Perhotelan I SMKN 3 Malang yang terdiri dari sembilan orang dan satu orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merespon positif terhadap penggunaan YouTube sebagai media belajar mandiri. Hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang menyatakan tujuh dari sembilan siswa merekomendasikan YouTube digunakan sebagai media belajar mandiri. Sebagian besar siswa setuju bahwa YouTube berguna untuk digunakan sebagai penunjang mereka dalam belajar. Didukung juga oleh respon guru yang menyambut positif terhadap kegunaan YouTube sebagai media belajar mandiri. YouTube juga mempunyai beberapa kelebihan yang dirasakan oleh siswa ketika mereka menggunakannya, contohnya seperti dapat digunakan untuk mencari materi yang belum mereka pahami, terdapat banyak pilihan video berdasarkan yang mereka butuhkan, fleksibel serta bisa diakses kapanpun dan dimana saja. Selain itu, YouTube memiliki fitur subtitle yang dapat membantu siswa pada kemampuan speaking yang dapat mereka pelajari berdasarkan komponen berbicara.

English Abstract

In the world of education, the use of ICT is very common, especially after students have gone through the pandemic. In relation to that, media use is definitely crucial in learning. YouTube is one of the media that can be utilized by ICT. Self-study is an activity carried out independently to achieve their own learning goals. The purpose of this research is to explore the use of YouTube as a media for self-study for students of SMKN 3 Malang in learning English on their speaking skills. To investigate the research problem, the researcher uses a qualitative approach as a case study method. The researcher conducted semi-structured interviews consisting of 15 questions as an instrument. The researcher uses Atlas.ti to analyze the data. The research obtained data from students of class XI Hospitality I SMKN 3 Malang consisting of nine students and one teacher. The study results show that students respond positively to using YouTube as a media for self-study. This is shown by the results of interviews which stated that seven out of nine students recommended YouTube to be used as a medium for self-study. Most students agree that YouTube is useful to support them in learning. This was also supported by the teacher's positive response to the use of YouTube as an independent learning media. YouTube also has several advantages that students feel when they use it, for example, as it can be used to search for the material they don't understand, there are many choices of videos based on what they need, are flexible, and can be accessed anytime and anywhere. In addition, YouTube has a subtitle feature that can help students with speaking skills which they can learn based on the speaking component.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120302
Uncontrolled Keywords: YouTube, Belajar Mandiri, Kemampuan Berbicara, Self-Study, Speaking Skill
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 May 2023 02:31
Last Modified: 12 May 2023 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199489
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
IVANA ARMEDIKA NABILA ARIF AINI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item