Abiapsari, Efriza Syafimaz and Pratnyawati Nuridi Suwarso, M.Li. (2022) The Case of Two Students of Using Storytelling to Improve Speaking Ability. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menyelidiki penerapan metode bercerita dengan menceritakan kembali cerita dalam bentuk teks recount pribadi yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan observasi serta wawancara sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini menggunakan 2 partisipan dari kelas 10 di SMAN 1 Kediri dimana guru menerapkan metode storytelling sebagai media dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Para peserta melaporkan bahwa mereka tidak terbiasa berbicara bahasa Inggris setiap hari. Peserta mengalami kesulitan dengan berbicara langsung, tetapi mereka dapat berbicara jika mereka membaca teks. Para peserta juga mengindikasikan bahwa mereka merasa sulit untuk mengucapkan kata- kata bahasa Inggris. Hal ini mempengaruhi mereka di kelas berbicara ketika mereka ingin memberikan ide atau pendapat dalam bahasa Inggris dan mereka kurang percaya diri dan akhirnya menjadi siswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris pasif. Oleh karena itu, guru akhirnya menerapkan metode bercerita dengan model personal recount text. Hasil penelitian, dengan diterapkannya metode storytelling oleh guru di kelas 10 dalam pelajaran bahasa Inggris, para siswa menunjukkan respon positif terhadap metode tersebut. Kedua subjek melaporkan bahwa metode storytelling yang mereka gunakan di kelas sangat membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka dan mereka bahkan menjadi percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris serta para siswa akhirnya tahu apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan dalam menceritakan kembali cerita. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk proses belajar mengajar di masa depan terutama dalam pengajaran berbicara menggunakan teknik bercerita.
English Abstract
The purpose of this study is to examine and investigate the application of the storytelling method by retelling stories in the form of personal recount text that can improve their speaking skills. This research uses case study method and observation and interview as research instruments. This study used 2 participants from grade 10 at SMAN 1 Kediri where the teacher applied the storytelling method as a medium in improving their speaking skills. The participants reported that they were not used to speaking English every day. Participants had difficulty with direct speaking, but they could speak if they read the text. Participants also indicated that they found it difficult to pronounce English words. This affected them in speaking class when they wanted to give ideas or opinions in English and they lacked confidence and eventually became students who had passive English ability. Therefore, the teacher finally applied storytelling method with personal recount text model. The result of the study, with the application of storytelling method by the teacher in grade 10 in English lesson, the students showed a positive response to the method. Both subjects reported that the storytelling method they used in class really helped them to improve their English speaking ability and boost their confident in speaking English as well as the students finally know what to do and not do in retelling story. This research can be beneficial for future teaching and learning process especially In teaching speaking using storytelling technique.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120266 |
Uncontrolled Keywords: | Storytelling, Speaking Ability |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 09 May 2023 07:04 |
Last Modified: | 09 May 2023 07:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199113 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Efriza Syafimaz Abiapsari.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |