Suwarno, Bondan Pradita and Devinta Puspita Ratri, S.Pd., M.Pd. (2020) Strategies in Learning English Vocabulary Used by Brawijaya University Student in Faculty of Cultural Studies. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mayoritas masyarakat Indonesia memang mempelajari bahasa Inggris dengan cara memperoleh kosakata sebanyak-banyaknya. Karena kosakata merupakan hal yang paling dasar sebelum belajar bahasa Inggris karena kosakata merupakan sekumpulan kata yang biasa digunakan dalam teks tertulis dan dialog. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui strategi pembelajaran kosakata bahasa Inggris yang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya di Fakultas Ilmu Budaya. Penelitian ini menggunakan metode kasus. Peserta merupakan salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan wawancara, observasi, dan angket. Wawancara akan dilakukan di orang tua Peserta. Kuesioner akan diberikan kepada peserta didik pada waktu luangnya di rumah kos. Peneliti menemukan bahwa pelajar memiliki beberapa cara unik untuk mendapatkan kosakata berdasarkan wawancara dan observasi. Misalnya peserta didik kebanyakan mengikutsertakan adiknya untuk bercakap-cakap kemudian mengoreksi kosakata mana yang benar atau salah satu sama lain. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mandiri atau otodidak akan bermanfaat bagi peserta didik, karena hasil penelitian ini bermanfaat bagi peserta didik. Dan untuk bagaimana pelajar mendapatkan kosakata baru dan untuk metode yang digunakan pelajar (strategi DET dan MEM yang digunakan pelajar, tetapi kebanyakan adalah DET). Peran orang tua juga penting. Mereka memiliki keyakinan dan memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk menggali potensi dalam diri peserta didik. Dan yang terpenting, pelajar akan belajar tentang tanggung jawab. Kepada peneliti lain dapat menggali lebih jauh tentang seseorang yang memperoleh kosa kata dengan cara yang unik dengan menggunakan wawancara, observasi, atau bahkan kuesioner yang berbeda. Kepada peneliti lain dapat menggali lebih jauh tentang seseorang yang memperoleh kosa kata dengan cara yang unik dengan menggunakan wawancara, observasi, atau bahkan kuesioner yang berbeda
English Abstract
Majority, Indonesian people do learn English language by gaining vocabulary as much as possible. Because, vocabulary is the basic thing before learning English because, vocabulary is a set of word that usually used in written text and dialog. Thus, the researcher conducted a study to investigate the strategies in learning English vocabulary developed by Brawijaya University student in faculty of cultural studies. This study used case method. The participant was one of student in Brawijaya University Malang. In collecting the data researcher conducted interview, observation, and questionnaire. The interview will be conducted in Learner’s parent. The questionnaire will be given to the learner at his free time at boarding house. The researcher found that learner have some unique way to gaining vocabulary based on interview and observation. For example the learner mostly included his little brother to have conversation then correct vocabulary which is right or wrong each other. The main goal for this research is to find out whether independent or self- taught will benefit the learner, as the result of this research, it does benefit the learner. And for how the learner gaining new vocabulary and for the method that the learner used (DET and MEM strategies that the learner used, but mostly is DET). Parents role is important as well. They have faith and give freedom to the learner to explore potential within the learner. And the most important thing, the learner will learn about responsibility. To the other researcher can further explore about a person that gaining vocabulary in such unique way by using different interview, observation, or even using a questionnaire. To the other researcher can further explore about a person that gaining vocabulary in such unique way by using different interview, observation, or even using a questionnaire.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120163 |
Uncontrolled Keywords: | Learning Strategies, Unique, Vocabulary Learning, Strategi Pembelajaran, Unik, Pembelajaran Kosakata |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 08 May 2023 07:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198948 |
Text
Bondan Pradita Suwarno.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |