Wicaksana, Bahtiar Amru and Irene Nany K, S.Hum.M.Li. (2022) Materials Enrichment Using Song For Speaking Skills In Junior High School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berbicara merupakan salah satu bahasa yang penting bagi pembelajar bahasa sebagai bahasa kedua atau bahasa asing yang baru. Namun sebagian orang termasuk pembelajar bahasa menganggap bahwa berbicara itu sulit. Di SMP NU 01 Muallimin Weleri memiliki banyak kendala yang dihadapi siswa ketika belajar berbicara seperti siswa sulit berbicara bahasa Inggris di depan kelas, karena mereka tidak percaya diri, merasa malu dan kekurangan kosakata dan faktor lain siswa kurang motivasi untuk berlatih bahasa asing. dalam percakapan sehari- hari. Penelitian berdasarkan teori Lihui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan Materi Pengayaan Menggunakan Lagu Untuk Kelas Berbicara Di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini berdasarkan teori Arikunto, Brewster dan Murphey. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif sebagai jenis penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi checklist, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengamatan proses belajar mengajar keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan lagu, ada 3 langkah belajar mengajar, ada hasil belajar dalam mengajar keterampilan berbicara dengan menggunakan lagu. Keuntungan menggunakan lagu adalah: Lagu dapat menjadi media pengenalan bahasa baru, lagu dapat meningkatkan pelafalan siswa, lagu dapat memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara, dan lagu dapat memperkuat daya ingat siswa. Sedangkan kekurangan dari penggunaan lagu adalah: Tidak semua siswa dapat menerima yang akan disampaikan oleh gurunya, lagu dapat mengganggu pelajaran di sekitar kelas, lagu dapat kehilangan kendali di dalam kelas, dan lagu memiliki kosakata yang kurang. Dan ada 5 masalah dalam proses belajar mengajar menggunakan lagu. Namun, tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, begitu juga dengan masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Oleh karena itu, guru harus memiliki ide-ide yang baik agar masalah tersebut terpecahkan.
English Abstract
Speaking is one of languages that important in language learner as a new second or foreign language. But some people including language learners think that speaking is difficult. In SMP NU 01 Muallimin Weleri have many problems that students face when learning speaking as the students difficult to speak English in frontof class, because they not confident, felt shy and lack vocabulary and another factors the students are lack motivation to practice the foreign language in daily conversation.The research based on Lihui’s theory. The aim of this research is to show The Materials Enrichment Using Song For Speaking Classes In Junior High School. This researcher based on Arikunto, Brewster and Murphey’s theory. The researcher employs the descriptive qualitative research as a type of the research. The data were collected by using observation checklist, interview and documentation study. The findings show that the observation of process of teaching and learning English speaking skills by using song, there are 3 steps of teaching and learning, exist outcomes of learning in teaching speaking skills by using song. The advantages of using song are: Song could become a media introduction of new languages, songs improve students’ pronunciation, song could be give good contribution in increasing students’ motivation in speaking, and song can strengthen memory of students.In other hand, the disadvantages of using song are: Not all students can receive which will be delivered by their teacher, song can disturb the class adjacent lessons, song can lose control in the classroom, and song has poor vocabulary. And there are 5 problems in teaching and learning process using song. But, there is no problem that cannot be resolved, as well as the problems faced by teachers in learning English speaking skills using song. Therefore, teachers must have good ideas so that the problem was solved.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120248 |
Uncontrolled Keywords: | materials enrichment, songs, Speaking skills, Materi pengayaan, Lagu, Keterampilan berbicara |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 08 May 2023 04:19 |
Last Modified: | 08 May 2023 04:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198902 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
BAHTIAR AMRU WICAKSANA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |