Widodo, Aurelia Putri and Irene Nany Kusumawardani, S.Hum., M.Li., (2022) Developing EFL Storybook as Teaching Media Using Local Wisdom Stories: A Feminine Perspective. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini, pemerintah lebih fokus pada pengintegrasian kurikulum terbaru terkait materi kearifan lokal. Dalam kebijakan tentang kurikulum nasional tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menunjukkan adanya reservasi terhadap implementasi IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) sebagai kurikulum terbaru pada tahun 2022–2024. Hal ini merupakan kebijakan penerapan kurikulum mandiri dalam rangka peningkatan pembelajaran selama kurun waktu tersebut. Pentingnya penerapan materi kearifan lokal dalam bahasa Inggris dapat membantu dalam menempatkan siswa pada situasi yang realistis. Kurikulum yang ada juga mencoba mengangkat isu kesetaraan gender untuk mengurangi ketidaksetaraan gender perempuan. Siswa diharapkan dapat menggunakan kemampuan mereka untuk berpikir kritis tentang solusi yang terjadi secara nyata. Sebagai sebuah upaya, feminitas dalam Pendidikan turut berkontribusi pada kualitas proses pembelajaran. Research and Development (R&D) menurut model ADDIE meliputi 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Pakar media dan bahasa tersedia untuk membantu selama validasi produk. Pada tahap implementasi digunakan lembar validasi dan kuesioner sebagai instrumen. Pesertanya adalah siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang. Studi ini menunjukkan bahwa produk tersebut sesuai untuk siswa kelas sepuluh, khususnya di tingkat SMA. Menurut ahli media, produk tersebut menarik tetapi perlu sedikit penyesuaian. Sementara itu, pakar bahasa menyarankan untuk mengubah beberapa kata yang jarang digunakan dalam sehari-hari. Siswa juga menanggapi produk tersebut dengan respon yang positif, mereka menyatakan bahwa produk tersebut menarik dan dapat mendorong mereka untuk belajar bahasa Inggris melalui kearifan lokal. Peneliti memberikan rekomendasi tentang bagaimana pengguna dapat memanfaatkan produk untuk meningkatkan penguasaan materi pada bahasa Inggris mereka. Produk ada baiknya untuk disebarluaskan dengan melakukan negosiasi dengan penerbit untuk mendapatkan hak cipta, sehingga dapat didistribusikan secara luas. Buku cerita tersebut dapat ditingkatkan dengan memasukkan materi tambahan dan latihan untuk tingkat kelas lainnya.
English Abstract
Nowadays, the government is focused more on integrating the most recent curriculum regarding local wisdom material. In that policy about the national curriculum, the Indonesian Ministry of Education and Culture shows reservations regarding the implementation of IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) as the newest curriculum by 2022–2024. This is a policy for implementing the independent curriculum in order to enhance learning during the time period. The significance of implementing local wisdom materials in English can assist in situating students in a realistic situation. The present curriculum also try to bring up the gender equality issue to reduce women's gender inequality. They are expected to use their abilities to think critically about their situational solutions. As a result, a femininity in education contributes in the quality of learning process. Research and Development (R&D) according to the ADDIE model includes 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, and 5) evaluation. Media and language experts are available to assist during product validation. In the implementation phase, validation sheets and a questionnaire are used as instruments. The participants were Malang tenth-graders from Brawijaya Smart School's senior high school level. This study indicates that the product is appropriate for tenth graders, especially at the high school level. According to the media expert, the product is interesting but needs adjustments. Meanwhile, the language expert suggests changing some rare words. Students also respond positively to the product, stating that it is interesting and can push them to learn English through local wisdom. The researcher provides recommendations on how users might utilize the product to improve their mastery of the English language. The product should be disseminated by negotiating with the publisher to acquire the copyright so that it can be widely distributed. The storybook can be improved by including additional materials and exercises for other grade levels.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120244 |
Uncontrolled Keywords: | EFL, storybook, teaching media, local wisdom, femininity |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 08 May 2023 03:34 |
Last Modified: | 08 May 2023 03:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198872 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aurelia Putri Widodo.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |