Developing Domino Tenses for Learning Grammar

Vania, Askardia Myra and Dian Novita Dewi, S.Pd., M.Li. (2020) Developing Domino Tenses for Learning Grammar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Grammar (tata bahasa) merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam mempelajari Bahasa Inggris. Murid di Indonesia harus mempelajari lebih dalam untuk memahaminya. Grammar yang diajarkan secara langsung di Sekolah Menengah ke-Atas membuat kebanyakan dari pelajar SMA masih merasa kebingungan dengan urutan kata kerja dan penggunaan tenses yang tepat. Jadi, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengembangkan media yang diberi nama Domino Tenses yang diharapkan dapat menciptakan pembelajaran grammar yang mengasyikkan khususnya pada ke-enam tenses yang biasa digunakan dalam proses belajar. Dalam pelaksanaannya, peneliti menyesuaikan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (2003). Peneliti mengambil data dari 5 orang siswa yang ada di sekitar rumahnya dengan 4 sekolah yang berbeda di Magelang karena adanya anjuran untuk menjaga jarak sebagai efek dari virus korona. Berbagai instrumen digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, diantaranya: (a) lembar validasi, kuisioner, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menjabarkan hasil dari penelitian dengan bentuk paragraf. Pada bagian hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Domino Tenses efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan murid dalam mempelajari grammar dalam pelajaran Bahasa Inggris. Game ini dapat digunakan dalam situasi formal maupun informal dengan minimal 4 orang pemain dan maksimal 7 orang pemain. Mempertimbangkan dari hasil penelitian, peneliti berharap domino tenses ini dapat membantu pengguna dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami tata Bahasa dalam Bahasa Inggris.

English Abstract

Grammar is a component that plays an important role in English. Therefore, students in Indonesia who are foreign learners should learn more to make them understand in using the language. In senior high school, grammar is taught directly. Being confused by the verb forms and tenses structure are the common barriers found by the learners. Thus, the researcher decided to conduct this study which was developing media namely Domino Tenses that can create a joyful grammar learning focusing on six common tenses in it. In developing the media, the researcher used Research and Development design adapted from Borg and Gall (2003). The researcher took the data from 5 senior high school students around her area with 4 different schools in Magelang because of the social distancing as the effect of the corona virus disease with randomly selected method. In collecting the data, the researcher used checklist validations, questionnaire, and interview guideline. The data were analyzed qualitatively in the form of description. The result showed that Domino Tenses was effective to improve students’ ability in learning the grammar in English. Moreover, this game can be played in formal and informal situation. This game can be played with minimum of 4 until 7 players. Considering the findings, it is expected that this Domino Tenses can help many users in improving their understanding in English Grammar especially in learning Tenses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120162
Uncontrolled Keywords: Grammar, Domino Tenses
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 May 2023 03:04
Last Modified: 11 Oct 2024 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198855
[thumbnail of askardia myra vania.pdf] Text
askardia myra vania.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item