Analisis Perbedaan Perilaku Makan pada Mahasiswa Departemen Gizi Universitas Brawijaya Selama Pembelajaran Daring.

Swari, Made Emeralda Dharma and Dr. Nurul Muslihah,, SP., M.Kes and Leny Budhi Harti,, S.Gz,. M.Si.Med (2023) Analisis Perbedaan Perilaku Makan pada Mahasiswa Departemen Gizi Universitas Brawijaya Selama Pembelajaran Daring. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

COVID-19 memberikan dampak pada dunia pendidikan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menghentikan penyebaran COVID-19 salah satunya yaitu dengan mengubah metode pembelajaran di seluruh Indonesia termasuk di perguruan tinggi menggunakan metode pembelajaran daring. Penelitian ini untuk menganalisis perbedaan perilaku makan pada mahasiswa Departemen Gizi Universitas Brawijaya. Jenis pada penelitian ini yaitu penelitian observasional analitik dengan pendekatan kuantitaif. Desain penelitian ini menggunakan cross- sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik quota sampling dengan menggunakan jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 203 mahasiswa. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu perilaku makan mahasiswa. Analisis data pada penelitian ini dengan cara uji statistika dan dianalisis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa perilaku makan pada mahasiswa laki-laki maupun perempuan secara emotional eating, external eating, dan restrained eating dengan nilai yang menunjukkan p>0,05 (p=0,444; p=0,868; p=0,22) tidak ada perbedaan. Selain itu juga perilaku makan pada mahasiswa tahun angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021 secara emotional eating, external eating, dan restrained eating dilihat dari nilai p>0,05 (p=0,309; p=0,268; p=326) tidak ada perbedaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perilaku makan pada mahasiswa berdasarkan jenis kelamin dan tahun angkatan termasuk dalam kategori yang tinggi dengan kategori perilaku makan External Eating yang paling banyak dialami oleh mahasiswa Departemen Gizi Universitas Brawijaya selama pembelajaran daring.

English Abstract

COVID-19 has had an impact on the world of education. All efforts have been made to stop the spread of COVID-19, one of that is changing learning methods throughout Indonesia, including in universities using online learning methods. The purpose of this study is to analyze differences in students of the Department of Nutrition at Brawijaya University. The type of research is analytic observational research with a quantitative approach. The research design uses a cross-sectional research design. The sampling technique used is a quota sampling technique, sample in this study namely 203 students. The dependent variable in this study is student eating behavior. Statistical tests were used to analyze the data, which was then analyzed using the SPSS 25. The results showed that the eating behavior among male and female students in terms of emotional eating, external eating, and restrained eating with values that show p>0.05 (p=0.444: p=0.868; p=0.222) there is no difference. In addition, the eating behavior among students in class 2018, 2019, 2020, and 2021 in terms of emotional eating, external eating, and restrained eating with values that show p>0.05 (p=0.309; p=0.268: p=0.326) there is no difference. The study concludes that eating behavior of students based on gender and year of class relatively high with the the category of eating behavior Eexternal eating which is most commonly least experienced by students at the Department of Nutrition, University of Brawijaya during online learning

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523160008
Uncontrolled Keywords: COVID-19, pembelajaran daring, perilaku makan, COVID-19, online learning, eating behavior
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 May 2023 01:06
Last Modified: 08 May 2023 01:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198789
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farah Azirinda Fazrin.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item