Agustina, Pipit and Yana Shanti Manipuspika,, S.S., M.App.Ling, (2022) The Phonological Development of Language Acquisition in A Child with Speech Delay: A Case Study. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa menjadi aspek yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari karena kita menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa diperoleh sejak masa kanak-kanak dan perkembangannya yang sejak dini tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan anak di sekolah. Aspek bahasa yang diperoleh anak pertama kali adalah fonologi. Dalam pemerolehan bahasa, anak yang perkembangannya lebih lambat dari anak seusia pada umumnya dapat mengalami keterlambatan bicara. Oleh karena itu, penelitian ini ada untuk meneliti perkembangan fonologis pada anak berusia tiga tahun yang didiagnosis mengalami keterlambatan bicara serta mengkaji faktor-faktor yang mendukung perkembangan tersebut. Dengan menggunakan studi kasus kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa responden telah mengalami kemajuan setelah menjalani terapi di PNTC, Karanganyar selama beberapa bulan. Ia mampu melafalkan hampir semua vokal dan konsonan Bahasa Indonesia, namun ada enam konsonan dan tiga alofon vokal yang belum muncul selama pengamatan. Selain itu, tidak semua ucapannya memiliki arti dan beberapa kata tidak diucapkan dengan jelas. Kemampuan berbicara yang telah berkembang tersebut dikarenakan terapi motorik oral dan metode drill yang diberikan oleh terapis wicara selama sesi terapi. Selain itu, terapis wicara juga bekerja sama dengan orang tua melalui home program untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya yang meliputi stimulasi berbicara dan pembatasan waktu dalam menggunakan gadget dan TV.
English Abstract
Language becomes an essential aspect of our everyday lives as we use it to communicate with others. Language is acquired since childhood and its early development can influence children’s success in school. The language aspect that children acquire first is phonology. In acquiring language, children whose development is slower than general children of their age may experience speech delays. Thus, the present study emerges to investigate the phonological development of a three years old child who is diagnosed having speech delay as well as to examine the factors that support the development. Using a qualitative case study, it was found that the participant had made some developments after several months of receiving therapy at PNTC, Karanganyar. He was able to pronounce almost all vowels and consonants of Bahasa Indonesia, but there were six consonants and three vowel allophones that did not appear during the observations. Besides, not all of his utterances had meaning and were spoken clearly. His speaking ability had developed due to oral motor therapy and the drill method given by the speech therapist during the therapy sessions. In addition, the speech therapist worked together with parents through a home program to improve his speaking ability which includes speech stimulation and screen time limitation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120190 |
Uncontrolled Keywords: | perkembangan fonologis, pemerolehan bahasa, keterlambatan bicara,phonological development, language acquisition, speech delay. |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 03 May 2023 01:22 |
Last Modified: | 03 May 2023 01:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198460 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Pipit Agustina.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |