Pengembangan Usaha UMKM “Ngestebu” melalui Inovasi Produk Sari Tebu Dark Chocolate

Mustafa, Mukhammad Muzakki and Ika Atsari Dewi, STP, MP and Dr. Dodyk Pranowo,, STP., M.Si (2022) Pengembangan Usaha UMKM “Ngestebu” melalui Inovasi Produk Sari Tebu Dark Chocolate. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minuman kekinian yang sedang berkembang di Indonesia memiliki banyak keunikan varian baik dalam hal rasa, kandungan nutrisi, dan topping yang masing-masing memberikan nilai tawar tersendiri kepada konsumen. Kemungkinan munculnya produk-produk baru dalam industri minuman sangat berpeluang mengingat masih banyaknya hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan minuman dengan inovasi baru. Salah satu minuman yang dapat dikembangkan adalah minuman sari tebu. Minuman sari tebu sangat berpotensi untuk dikembangkan dengan ditambahkan variasi rasa dan dikemas secara modern. Disamping itu, penyajian minuman sari tebu yang ada pada daerah Mojokerto pada masa sekarang sebatas hanya perasan tebu tanpa ada variasi rasa dan disajikan dalam bentuk kemasan sederhana. Keadaan ini yang menjadikan tantangan dan ancaman untuk keberlanjutan usaha minuman sari tebu sehingga diharuskan segera memberikan inovasi pada produk salah satunya dengan tambahan variasi minuman yang kekinian agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Dalam rangka menyediakan kebutuhan minuman sari tebu dan meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsinya, Ngestebu hadir sebaga inovator pengembangan produk minuman sari tebu dengan penambahan menu produk rasa kekinian dan di konsep secara modern. Salah satu aspek yang sangat penting bagi keberlanjutan usaha adalah pengembangan usaha. Tujuan adanya pengembangan produk pada usaha UMKM “Ngestebu” adalah diharapkan dapat diketahui deskripsi inovasi produk, analisa kelayakan usaha dan analisa kelayakan keuangan produk sari tebu rasa dark chocolate. Produk sari tebu dark chocolate merupakan perpaduan sari tebu dengan bubuk dark chocolate yang tentunya dengan takaran yang sesuai sehingga menghasilkan cita rasa yang enak. Produk ini menggunakan kemasan cup ukuran 18 oz dengan harga sebesar Rp10.000 yang telah menjangkau 3 lokasi pasar di daerah Mojokerto dengan pemasaran oultlet semi booth kontainer. Inovasi produk ini memiliki berbagai aspek sebagai faktor kelayakan usaha. Pada aspek produksi, outlet dan fasilitas produksi sudah mengacu pada higienitas produk. Kebutuhan utilitas produksi terdapat air sebanyak 120L/bulan, daya listrik 15,8 KWh/Bulan dan penggunaan gas 6 Kg per bulan. Limbah yang dihasilkan berwujud cair, padat dan gas. Manajemen pengendalian mutu dilakukan mulai dari tahapan pemilihan bahan baku, pembersihan peralatan, proses pengolahan. Strategi promosi yang paling efektif dilakukan adalah strategi word to mouth. Segmentasi pasar produk ini adalah masyarakat umun secara spesifik, dan posisi produk pada pasar adalah product challenger. Strategi pemasaran Ngestebu menggunakan sistem bauran pemasaran (Marketing Mix). Pada aspek finansial, laporan keuangan Ngestebu dihitung menggunakan perhitungan revenue growth rate selama setahun akhir 2022 dengan capaian keningkatan pendapatan per bulan paling tinggi adalah 60% dan mengalami 3 kali penurunan pendapatan dikarenakan adanya pengaruh cuaca hujan sehingga berdampak langsung terhadap penurunan minat pembelian produk. Pada aspek kelayakan Keuangan, HPP dari satu produk adalah Rp5.658, BEP unit per bulan dari produk adalah 306 pcs dan BEP keuangan per bulan adalah Rp3.069.076, payback period produk didapatkan nilai 0,3323 tahun atau 5 bulan lebih 5 hari dan nilai B/C produk adalah 10,0613. Nilai NPV produk adalah Rp72.703.034,90 dan nilai IRR yang didapatkan adalah 276% dimana dari analisis aspek teknis, pemasaran, manajemen mutu, lingkungan dan keuangan usaha, produk sangat layak untuk diinvestasikan dan dijalankan.

English Abstract

Contemporary drinks that are being developed in Indonesia have many unique variants in terms of taste, nutritional content, and toppings, each of which provides its own bargaining value to consumers. The possibility of the emergence of new products in the beverage industry is very likely considering that there are still many things that can be done to create drinks with new innovations. One of the drinks that can be developed is sugar cane juice. Sugarcane juice drink has the potential to be developed by adding a variety of flavors and packaged in a modern way. In addition, the presentation of sugarcane juice drinks in the Mojokerto area is currently limited to sugar cane juice without any flavor variations and is served in simple packaging. This situation makes it a challenge and a threat to the sustainability of the sugarcane juice beverage business, so it is required to immediately provide product innovation, one of which is the addition of contemporary drink variations in order to compete with other competitors. In order to provide the needs of sugarcane juice drinks and increase public interest in consuming them, Ngestebu is present as an innovator in the development of sugarcane juice drinks with the addition of a menu of contemporary flavors and modern concepts. One aspect that is very important for business sustainability is business development. the existence of product development in the Ngestebu business, it can be seen product innovation, business feasibility analysis and financial feasibility analysis of dark chocolate flavored sugarcane juice products. Dark chocolate sugarcane juice product is a combination of sugarcane juice with dark chocolate powder, of course with the appropriate dose so as to produce a delicious taste. This product uses an 18 oz package with a price of Rp. 10,000 which has reached 3 market locations in the Mojokerto area by marketing semi-booth container oultlets. This product innovation has various aspects as a business feasibility factor. In the aspect of production, outlets and production facilities have referred to product hygiene. The production utility needs 120L/month of water, 15.8 KWh/Month of electric power and 6 Kg of gas usage per month. The waste generated is in the form of liquid, solid and gas. Quality control management is carried out starting from the stages of selecting raw materials, cleaning equipment, processing processes. The most effective promotion strategy is word to mouth strategy. The market segmentation of this product is the general public specifically, and the position of the product in the market is the product challenger. Ngestebu's marketing strategy uses a marketing mix system (Marketing Mix). In the financial aspect, Ngestebu's financial statements are calculated using the revenue growth rate calculation for the year end 2022 with the highest monthly income increase achievement of 60% and experiencing 3 times a decrease in income due to the influence of rainy weather so that it has a direct impact on decreasing interest in product purchases. In the aspect of financial feasibility, the HPP of one product is IDR 5,658, the BEP unit per month of the product is 306 pcs and the financial BEP per month is IDR 3,069,076, the payback period of the product is 0.3323 years or 4 months and 5 days. The B/C of the product is 10.0613. The product NPV value is Rp.72,703,034.90 and the IRR value obtained is 276% where from the analysis of technical aspects, marketing, quality management, environment and business finance, the product is very feasible to invest and run.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522100407
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Usaha; Minuman Kekinian; Mojokerto; Ngestebu; Sari Tebu Dark Chocolate;Feasibility; Contemporary Drinks; Mojokerto; Ngestebu; Sugarcane Juice Dark Chocolate; Thesis;
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:05
Last Modified: 01 Feb 2023 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197204
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mukhammad Muzakki Mustafa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item