Persepsi Guru Prajabatan Dalam Menerapkan Blended Learning Selama Pandemi Covid-19: Menggali Hambatan Dan Manfaatnya.

Nikmah, Yusrotun (2022) Persepsi Guru Prajabatan Dalam Menerapkan Blended Learning Selama Pandemi Covid-19: Menggali Hambatan Dan Manfaatnya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah total seluruh kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris, yang awalnya online, kemudian menjadi terbatas pada pembelajaran tatap muka. Kondisi ini membuat pemanfaatan blended learning oleh guru prajabatan semakin maju dan maksimal karena kemajuan teknologi itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru prajabatan menerapkan blended learning untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswa, serta manfaat yang mereka rasakan dan hambatan yang mereka hadapi. Peneliti menggunakan metode inkuiri naratif kualitatif dengan wawancara semi terstruktur yang diadopsi dari Yarborough, K. A (2021) untuk menyelidiki 3 (tiga) mahasiswa pendidikan bahasa Inggris yang telah melaksanakan program pelatihan guru (P4) di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Peneliti menggunakan dokumentasi untuk mendapatkan kepercayaan dan mendukung data. Peneliti menemukan bahwa guru prajabatan menggunakan berbagai aplikasi saat mengajar siswa bahasa Inggris. Selanjutnya, guru prajabatan mendapat manfaat dari pembelajaran campuran dalam berbagai cara, termasuk siswa menjadi lebih terlibat dalam pelajaran bahasa Inggris, merasa lebih termotivasi, belajar dan berkomunikasi kapan saja, di mana saja, dan menjadi mudah digunakan karena teknologi. Dalam penerapan blended learning, beberapa kendala muncul, antara lain masalah koneksi internet, kurangnya fasilitas, kurangnya pengetahuan, dan terganggunya siswa dengan teknologi. Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan temuan tersebut, diharapkan guru prajabatan dapat meningkatkan penerapan blended learning di kelas dalam pengajaran bahasa Inggris

English Abstract

The COVID-19 pandemic has wholly changed all teaching and learning English activities, which were initially online, then became limited to face-to-face learning. This condition makes the use of blended learning by pre-service teachers more advanced and maximized because of the advancement of the technology itself. The research aims to know how pre-service teachers implemented blended learning to teach English to students, as well as the benefits they perceived and obstacles they faced. The researcher used the qualitative narrative inquiry method with semi- structured interviews adopted from Yarborough, K. A (2021) to investigate 3 (three) English language education students who had implemented a teacher training program (P4) in an English Language Education Study Program Universitas Brawijaya. The researcher uses documentation to get the trustworthiness and support the data. The researcher discovered that pre-service teachers used a variety of applications when teaching students English. Furthermore, pre-service teachers benefit from blended learning in various ways, including students being more engaged in English lessons, feeling more motivated, learning and communicating anytime, anywhere, and being easy to use because of the technology. In implementing blended learning, several obstacles arise, including internet connection issues, lack of facilities, lack of knowledge, and disruption of students with technology. Each method definitely has advantages and disadvantages. With these findings, it is hoped that pre-service teachers can improve the implementation of blended learning in the classroom in teaching English.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422120030
Uncontrolled Keywords: pembelajaran campuran, penerapan, guru prajabatan, manfaat dan hambatan
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:39
Last Modified: 30 Jan 2023 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197087
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
YUSROTUN NIKMAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item