Frekuensi Siswa Terhadap Penggunaan TIK untuk Meningkatkan Keterampilan Pemahaman Membaca

Sulton Fahrulyada, Yudhistira (2022) Frekuensi Siswa Terhadap Penggunaan TIK untuk Meningkatkan Keterampilan Pemahaman Membaca. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19, siswa terpaksa melakukan pembelajaran jarak jauh atau online learning, situasi pembelajaran online ini menuntut semua siswa untuk lebih sering belajar menggunakan perangkat TIK-nya. Situasi ini telah mempengaruhi frekuensi penggunaan TIK siswa, dan dapat memaksa siswa untuk mengubah kebiasaan belajar mereka, terutama dalam proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemahaman membaca siswa berdasarkan frekuensi penggunaan TIK siswa Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen yang terdapat 15 pernyataan. Peneliti menggunakan partisipan sebanyak 102 mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2018 yang berpartisipasi dalam penelitian ini. untuk membantu peneliti menganalisis data, peneliti menggunakan bantuan dua software yaitu IBM SPSS Statistics 25 dan Microsoft Excel. Temuan menunjukkan bahwa situasi pembelajaran online ini berdampak pada frekuensi penggunaan TIK siswa dan sebagian besar siswa menunjukkan hasil positif mereka terhadap penggunaan TIK untuk pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. para siswa merasakan manfaat teknologi untuk pembelajaran bahasa Inggris dan diharapkan TIK lebih sering digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan hasil tersebut, sebagian besar siswa merasa bahwa pemahaman membaca mereka meningkat, berkat pembelajaran online dan pembelajaran berbasis ICT yang membuat siswa lebih memilih belajar menggunakan ICT untuk meningkatkan keterampilan pemahaman membaca mereka

English Abstract

During the pandemic COVID – 19, students are forced to do a distant learning or online learning, this online learning situation require all students to learning more often using their ICT device. This situation has affected students’ frequency of ICT use, and it can force students to change their studying habit, especially in reading comprehension skill learning process. Thus, the objective of this current study was to figure out the enhancement of students’ reading comprehension skill based on students’ ICT frequency. The research method used by the researcher in this study is quantitative. To collect the data the study used questionnaire as the instrument within 15 statements. The researcher used convenience sample of 102 students of English Language Education Program batch 2018 participated in this study, to help analyzed the data, the researcher used the assistant of two softwares, IBM SPSS Statistics 25 and Microsoft Excel. The findings indicated that this online learning situation have impacts on students’ frequency of ICT use and most of students showed their positive attitudes towards ICT use for reading comprehension skill learning. the students feel the benefits of technology to English language learning and expected that ICTs should be used more frequently in English learning. Based on the result, most of the students feel that their reading comprehension skill is enhanced, thanks to online learning and ICT based-learning that making a students like to learn more using ICT to enhance their reading comprehension skill

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422120029
Uncontrolled Keywords: TIK, Pemahaman Membaca
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:32
Last Modified: 30 Jan 2023 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197086
[thumbnail of DALAM MASA EMBAERGO] Text (DALAM MASA EMBAERGO)
YUDHISTIRA SULTON FAHRULYADA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item