Muhammad, Faiz and Mas'ud Effendi., STP, MP. and Isti Purwaningsih,, STP,MT. (2022) Perancangan Kemasan Keripik Apel Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: CV. Bagus Agriseta Mandiri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keripik apel merupakan camilan dari buah apel yang disajikan dengan irisan tipis dan dibuat dengan cara digoreng. Keripik apel memiliki sifat yang renyah dan gurih, serta sangat cocok untuk dikonsumsi di berbagai kesempatan. Selain itu, keripik apel juga mempunyai gizi serta nutrisi yang baik bagi manusia. Salah satu perusahaan yang memproduksi produk keripik apel adalah CV. Bagus Agriseta Mandiri. CV. Bagus Agriseta Mandiri mempunyai rencana untuk melakukan perbaikan pada desain kemasan keripik apel buatanya, serta material kemasan yang digunakan. Rencana ini dilakukan oleh CV. Bagus Agriseta Mandiri untuk menciptakan diferensiasi dengan para kompetitor adalah kemasan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemasan keripik di pasaran serta menelisik keinginan konsumen akan kemasan keripik apel pada CV. Bagus Agriseta Mandiri, dan diolah menggunakan metode Kansei Engineering untuk mendapatkan formula kemasan sesuai dengan keinginan konsumen. Kansei Engineering bertujuan untuk menangkap dan membawa perasaan psikologis pelanggan ke dalam desain produk atau sistem sosial. Kansei Engineering dimulai dengan pengamatan perilaku pelanggan, menangkap emosi menggunakan skala psikologis, dan menganalisis emosi menggunakan beberapa analisis statistik untuk mengarahkan spesifikasi desain produk. Untuk melakukan perancangan kemasan menggunakan metode Kansei Engineering, langkah yang pertama harus dilakukan adalah membuat kuesioner dengan Semantic Diffrential. Pengolahan kuesioner menggunakan uji validitas dan uji realibitas. Analisis faktor untuk mengetahui korelasi antar kata Kansei dan langkah selanjutnya adalah analisis konjoin, yang merupakan acuan utama untuk melakukan perancangan desain kemasan keripik apel. Dari semua kombinasi yang didapatkan, kombinasi yang dipilih untuk menjadi acuan untuk melakukan perancangan desain kemasan adalah kombinasi 1. Hal ini dikarenakan pada kombinasi 1 memiliki nilai utilities sebesar 1,965. Kombinasi 1 menunjukkan elemen kemasan yang digunakan adalah plastik alufoil (0,120), bentuk bantal (0,043), sedikit warna (0,054), label digital printing (0,123), dan seal kemasan yang dipakai adalah 4- Side Seal (0,032). Pemilihan kombinasi 1 didasarkan dari masing-masing variabel Kansei Words yang tertuang pada faktor 1 karena memiliki nilai utilities yang paling tinggi yaitu sebesar 1,965. pada kombinasi 1, terdapat kansei words daya simpan tinggi, mudah dibawa, penutup mudah dibuka, informatif, detail, dan mudah dibaca. Kombinasi yang dipilih untuk menjadi acuan untuk melakukan perancangan kemasan didasarkan dari hasil dari analisis faktor yang berupa faktor baru dan analisis konjoin sesuai dengan nilai overall statistic. Saran yang bisa disampaikan adalah untuk penelitian selanjutnya akan lebih baik jika mempertimbangkan harga dari masing-masing elemen yang sudah diipilih, selain itu, penelitian terkait product development menggunakan metode Kansei Engineering ini dapat dikembangkan juga didalam cakupan yang lebih luas. Selain itu, dalam pemilihan kansei words juga harus diperhatikan Kembali, jangan memiliki kata kansei dengan makna yang sama dan kata kansei yang memiliki makna berlawanan secara semantik. Terkait dengan pemilihan sampel juga harus berbeda spesifikasi antara satu sampel dengan sampel lainnya, sehingga tidak membingungkan responden. Untuk perusahaan, saran yang bisa disampaikan adalah untuk kemasan perlu dibuat berbeda dengan kompetitor lainnya.
English Abstract
Apple chips are a snack of apples served with thin slices and made by frying. Apple chips have a crunchy and savory nature, and are very suitable for consumption on various occasions. In addition, apple chips also have good nutrition and nutrition for humans. One company that produces apple chips is CV. Bagus Agriseta Mandiri. CV. Bagus Agriseta Mandiri has plans to make improvements to the packaging design of his apple chips, as well as the packaging materials used. Therefore, this research will conduct market research on how to pack chips in the market and examine consumer desires for apple chips packaging on CV. Bagus Agriseta Mandiri, and later it will be processed using the Kansei Engineering method to get a packaging formula according to the wishes of consumers. Kansei Engineering aims to capture and bring the psychological feelings of customers into the design of products or social systems. Kansei Engineering begins by observing customer behavior, capturing their emotions and affections using a psychological scale, and analyzing emotions using several statistical analyzes to guide product or system design specifications. To do the Kansei Engineering method. The first step that must be done is to make a questionnaire with Semantic Differential because it can capture the tendency of consumer desires. After the questionnaires have been distributed, the questionnaire will be processed using factor analysis to measure the validity of the existing questionnaires. The next step is to carry out a conjoint analysis, where later the results of this conjoint analysis will be the main reference for designing the apple chip packaging design. Of all the combinations obtained, the combination chosen to be a reference for designing the packaging design is combination 1. This is because combination 1 has a utility value of 1.965. Combination 1 shows that the packaging elements used are alufoil plastic (0.120), pillow shape (0.043), slightly colored (0.054), digital printing labels (0.123), and the packaging seal used is 4-Side Seal (0.032). The choice of combination 1 is based on each Kansei Words variable contained in factor 1 because it has the highest utility value, which is 1,965. In combination 1, there are Kansei words with high storage capacity, easy to carry, easy-open packaging, informative, detailed, and easy to read. The combination chosen to be a reference for carrying out packaging design is based on the results of factor analysis in the form of new factors and conjoint analysis according to the overall statistical value. Suggestions that can be submitted are for further research it would be better if you consider the price of each element that has been selected, in addition, research related to product development using the Kansei Engineering method can also be developed in a wider scope. In addition, in choosing kansei words, one must also pay attention. Again, don't have kansei words with the same meaning and kansei words that have semantically opposite meanings. Regarding the selection of samples, there must also be different specifications from one sample to another, so as not to confuse respondents. For companies, the advice that can be conveyed is that packaging needs to be made different from other competitors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522100353 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Faktor, Analisis Konjoin, Kansei Engineering, Kemasan,Conjoint Analysis, Factor Analysis, Kansei Engineering, Packaging |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 05:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 05:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196963 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Faiz Muhammad.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |