Strategi Pengembangan UKM Agroindustri Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM (Studi Kasus: UKM Ledre Super Moro Trisno di Kabupaten Bojonegoro)

Santi, Diva Miranda Diana and Dr. Ir. Endah Rahayu Lestari,, MS and Riska Septifani,, STP, MP (2022) Strategi Pengembangan UKM Agroindustri Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM (Studi Kasus: UKM Ledre Super Moro Trisno di Kabupaten Bojonegoro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ledre merupakan makanan ringan khas Bojonegoro. Usaha Ledre dinilai berpotensi untuk dikembangkan karena proses pengolahannya yang sederhana dan bahan bakunya yang mudah untuk diperoleh, terutama di daerah Bojonegoro. Pengembangan UKM menjadi suatu hal yang sangat krusial mengingat UKM telah berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja dan berkontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto). UKM Ledre Super Moro Trisno menghadapi berbagai kendala dalam mengembangkan usahanya, seperti pemasaran yang lemah, adanya pesaing baru, dan usaha UKM untuk bangkit setelah pandemi Covid-19. Untuk menghadapi kendala atau permasalahan dalam mengembangkan usahanya, UKM memerlukan strategi pengembangan yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal UKM saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SWOT (Strength, Weakness, Opporunity, Threat) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Metode SWOT digunakan untuk mengetahui potensi UKM UKM Ledre Super Moro Trisno dan memperoleh alternatif strategi, kemudian metode QSPM digunakan untuk menentukan keputusan alternatif pilihan strategi yang sesuai untuk UKM UKM Ledre Super Moro Trisno. Hasil penelitian menunjukan faktor internal (kekuatan) yaitu memiliki sertifikat PIRT dengan bobot sebesar 0,106. Faktor internal (kelemahan) yaitu kurangnya pemakaian media promosi dengan bobot sebesar 0,093. Faktor eksternal (peluang) yaitu produk menjadi trend oleh-oleh khas Bojonegoro dengan bobot sebesar 0,165. Faktor eksternal (ancaman) yaitu lokasi berdekatan dengan pesaing dengan bobot sebesar 0,165. Posisi UKM Ledre Super Moro Trisno pada matriks IE berada di sel IV yang disebut dengan strategi growth and build melalui penetrasi pasar dan pengembangan produk. Terdapat tiga prioritas strategi berdasarkan matriks QSPM adalah inovasi yang meliputi variasi rasa, kemasan, dan promosi, penggunaan sosial media dan website untuk pemasaran, dan menambah outlet penjualan resmi.

English Abstract

Ledre is known as typical snack from Bojonegoro. Ledre's business is considered to be able to be developed because of its simple production process and easy-to-obtain raw materials, especially in the Bojonegro area. The development of SMEs is very crucial considering that SMEs have contributed to employment and contributed to GDP (Gross Domestic Product). Ledre Super Moro Trisno faces various obstacles in developing its business, such as lame marketing, the presence of new competitors, and SME efforts to rise after the Covid-19 pandemic. To deal with obstacles or problems in developing their business, SMEs need to develop strategies that are in accordance with the current internal and external conditions of SMEs. The method used in this research is SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). The SWOT method is used to determine the potential of Ledre Super Moro Trisno and obtain alternative strategies, then the QSPM method is used to determine alternative decisions for the appropriate strategy choices for Ledre Super Moro Trisno SMEs. The results showed that internal (strength) was having a PIRT certificate factor with a weight of 0.106. The internal factor (weakness) is the lack of use of promotional media with a weight of 0.093. The external factor (opportunity) is that the product becomes a trend for typical Bojonegoro souvenirs with a weight of 0.165. External factors (threats) are locations close to competitors with a weight of 0.165. The position of Ledre Super Moro Trisno UKM in the IE matrix is in cell IV which is called the growth and build strategy through market penetration and product development. The are three strategic priorities based on the QSPM matrix are innovation that includes variations in taste and packaging, media social and webiste for marketing, and add official sales outlet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522100223
Uncontrolled Keywords: Ledre, SME, Development Strategy, SWOT, QSPM,Ledre, UKM, Strategi Pengembangan, SWOT, QSPM
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:23
Last Modified: 03 Nov 2022 08:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196081
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Diva Miranda Diana Santi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item