Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Individual Knowledge Acquisition serta dampaknya terhadap Kreativitas Karyawan dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi, Turen, Malang)

Kurniawan, Fajar Azmi and Dr. Hamidah Nayati Utami,, M,Si, and Arik Prasetya,, S.Sos, M.Si., Ph.D. (2019) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Individual Knowledge Acquisition serta dampaknya terhadap Kreativitas Karyawan dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi, Turen, Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen kepemimpinan transformasional terhadap variabel dependen individual knowledge acquisition, kreativitas karyawan, dan kinerja karyawan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain explanatory research. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat melalui penyebaran kuesioner. Proses pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling terhadap 128 sampel penelitian dan setelah dilakukan penelitan peneliti mendapatkan sebanyak 80 sampel karyawan PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi, Turen, Malang. Analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS dengan perangkat lunak Smart PLS 3.0. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa : 1) Kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap individual knowledge acquisition; 2) Kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja karyawan; 3) Kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kreativitas karyawan; 4) Individual knowledge acquisition memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja karyawan; 5) Individual knowledge acquisition memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kreativitas karyawan; 6) Kreativitas karyawan memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja karyawan; 7) Kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh signifikan terhadap kreativitas karyawan yang dimediasi oleh individual knowledge acquisition’ 8) Kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan melalui variabel mediasi individual knowledge acquisition dan kreativitas karyawan. Sebagai saran tindak lanjut, untuk mengoptimalkan perncapaian visi misi PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi agar menjadi role model di dunia, PT. Pindad (Persero) perlu mengevaluasi kembali gaya kepemimpinan yang selama ini dijalankan serta kebijakan-kebijakan terkait dengan peningkatan kreativitas karyawan sebagai modal dari terciptanya inovasi produk dan kemampuan kognitif yang diperoleh melalui proses akuisi pengetahuan baik yang diperoleh dari pendidikan formal maupun nonformal.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.3/KUR/p/2019/042000457
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Akuisisi Pengetahuan Individu, Kreativitas Karyawan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:48
Last Modified: 10 Oct 2022 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195497
[thumbnail of Fajar Azmi Kurniawan.pdf] Text
Fajar Azmi Kurniawan.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item