Pengaruh Brand Image Dan Brand Love Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Engagement Sebagai Mediasi (Studi Pada Konsumen Produk Wardah Kosmetik Di Kota Malang)

Nurfitriana, Rizqi and Prof. Dr. Surachman,, SE., MSIE and Ananda Sabil Hussein,, SE., M.Com., Ph.D (2019) Pengaruh Brand Image Dan Brand Love Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Engagement Sebagai Mediasi (Studi Pada Konsumen Produk Wardah Kosmetik Di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, cinta merek, dan keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan konsumen Wardah Kosmetik di Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan metode survei yang dilakukan pada 150 responden di Malang. Nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian. Hasil menunjukkan bahwa citra merek dan brand cinta memiliki secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan pelanggan. cinta merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan sementara citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Keterlibatan pelanggan juga ditemukan untuk bertindak sebagai mediator dalam penelitian ini. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa keterlibatan pelanggan memengaruhi loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini dapat membantu praktisi tentang meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan berdasarkan citra merek, cinta merek dan keterlibatan pelanggan. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi acuan untuk penelitian masa depan.

English Abstract

This study aims to discover the influence of brand image, brand love, and customer engagement on customer loyalty of costomers of Wardah Cosmetics in Malang. This study is an explanatory study with quantitative approach and Partial Least Squares (PLS) was selected as the survey method along with nonprobability sampling with purposive sampling technique to collect the data on the 150 respondents in Malang. The results of this study show that the brand image and brand love simultaneously have significant effect on customer engagement. While the brand love has a significant effect on customer loyalty and on the other side, the brand image has no significant effect on customer loyalty. Furthermore, the customer engagement is also found to act as a mediator in this study and also is proven to give positive and significant effect on customer loyalty. In conclusion, the results of this study is able to help the practitioners to enhance the customer loyalty on their company based on brand image, brand love and customer engagement. The result of this study is expected to be a reference for future research

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 041903378
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Cinta Merek, Keterlibatan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Brand Image, Brand Love, Customer Engagement, Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Oct 2022 01:59
Last Modified: 05 Oct 2022 01:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195333
[thumbnail of RIZQI NURFITRIANA.pdf] Text
RIZQI NURFITRIANA.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item