Makarim, Mohamad Wildan and Dr. Panji Deoranto,, STP, MP and Riska Septifani,, STP, MP. (2022) Analisis Pengaruh Video Blog (Vlog) Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Keripik Apel Citra Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi media online menjadi salah satu media yang populer dikarenakan penyebaran informasi yang sangat mudah dan cepat. Media online banyak digunakan sebagai media promosi bagi perusahaan besar ataupun UMKM untuk memberikan informasi tentang produk. Salah satu cara untuk melakukan promosi menggunakan media online adalah dengan menggunakan Video Blog atau yang sering disebut sebagai vlog. Vlog dengan mudah menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio dan video. Dalam sebuah vlog, vlogger melakukan review atau rekomendasi terhadap suatu produk ataupun perusahaan dalam bentuk video untuk menarik konsumen. Setelah melihat video review dari vlogger konsumen dapat melakukan perbandingan dari kualitas dan kuantitas suatu produk yang nantinya berpengaruh dalam minat beli konsumen. Hal inilah yang nantinya menjadi pertimbangan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian suatu produk. Oleh karena itu pada penelitian kali ini dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara vlog, minat beli dan keputusan pembelian produk. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan 3 variabel (vlog, minat beli, dan keputusan pembelian) yang terdiri dari 3 indikator dalam 1 variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis deskriptif dengan menggunakan software SPSS versi 18.0, analisis inferensial menggunakan software smartPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan terhadap setiap variabel. Sehingga hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel vlog terhadap variabel minat beli, variabel vlog terhadap keputusan pembelian dan variabel minat beli terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan variabel minat beli berpengaruh signifikan memediasi hubungan antara vlog dengan keputusan pembelian.
English Abstract
Along with the development of online media technology, it has become one of the most popular media due to the very easy and fast dissemination of information. Online media are widely used as a promotional medium for large companies or SMEs to provide information about products. One way to promote using online media is to use a Video Blog or what is often referred to as a vlog. Vlogs easily convey information in the form of text, audio and video. In a vlog, the vlogger reviews or recommends a product or company in the form of a video to attract consumers. After seeing a video review from a vlogger, consumers can make comparisons of the quality and quantity of a product which will later affect consumer buying interest. This is what will be considered by consumers to make purchasing decisions for a product. Therefore, in this study, a study was conducted to determine the relationship between vlogs, buying interest and product purchase decisions. This study uses the Partial Least Square (PLS) method using 3 variables (vlog, buying interest, and purchasing decisions) consisting of 3 indicators in 1 variable. The sampling technique used in this research is purposive sampling. The research was conducted by conducting descriptive analysis using SPSS software version 18.0, inferential analysis using the smartPLS 3.0 software. The results showed that there was a significant effect of each variable. So it can be said that there is a significant relationship between the vlog variable on the buying interest varies, the vlog variable on purchasing decisions and the buying interest variable on the purchasing decision variable. Based on research conducted, the buying interest variable significant mediates the relationship between vlogs and purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522100172 |
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Pembelian, Media Online, Minat Beli, Vlog,Buying Interest, Online Media, Purchase Decisions, Vlog |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 03:03 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 03:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195214 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mohamad Wildan Makarim.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |