Analisis Perkuatan Sambungan Kering Balok Kolom Pracetak Dengan Bahan FRP (Fiber Reinforced Polymer)

Adi, Edo Prasetya and Prof. Dr. Ir. Agoes Soehardjono, MD. MS. and Ari Wibowo, ST., MT., Ph.D (2019) Analisis Perkuatan Sambungan Kering Balok Kolom Pracetak Dengan Bahan FRP (Fiber Reinforced Polymer). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyaknya bencana gempa yang terjadi di Indonesia berdampak terhadap keruntuhan dan kerusakan suatu struktur bangunan, sehingga perbaikan dan perkuatan menjadi hal yang sering dijumpai. Terutama dalam komponen struktur beton yang sering mengalamai penurunan kekuatan ataupun kegagalan fungsi pasca terjadinya bencana, sehingga tidak mampu lagi menahan beban suatu bangunan. Banyaknya metode perkuatan yang digunakan di dalam pekerjaan rekonstruksi struktur diperlukan adanya evaluasi studi yang dapat memberikan kesimpulan hasil untuk membantu mengembangakan model dalam perkuatan struktur. Oleh sebab itu, peneliti akan melakukan evaluasi pembahasan tentang perkuatan sambungan kering balok kolom pracetak dengan menggunakan bahan FRP yang telah mengalami runtuh (collapase) akibat perilaku beban quasi-siklik. Variasi benda uji eksisting dibedakan mejadi 2 macam yaitu: A4-1 dan A4-2 untuk 4 buah angkur dan A2-1 dan A2-2 untuk benda uji 2 buah angkur. Bahan perkuatan yang digunakan dalam penelitinan ini adalah FRP dengan jenis tipe bahan CFRP (Carbon Fiber Reinforced Polymer) yang dilekatkan ke permukaan beton dengan bantuan lem perekat (epoxy) dengan merk SikaDur 30 dan SikaDur 330 tipe A dan tipe B.Variasi perkuatan penelitian ini dibagi menjadi 4 model yaitu (a) RA4 (4 angkur= steel plate+CFRP Sheet), (b) RB4 (4 angkur= CFRP plate+CFRP Sheet), (c) RA2 (2 angkur= steel plate+CFRP Sheet), dan (d) RB2 (2 angkur= CFRP plate+CFRP Sheet). Hasil penelitian menunjukkan untuk kapasitas maksimum benda uji A4-2 menjadi RA4 memiliki persentase kenaikan sebesar 22,86%, untuk benda uji A4-1 menjadi RB4 memiliki persentase kenaikan sebesar 12,70%, A2-2 menjadi RA2 memiliki persentase kenaikan sebesar 23,54% dan untuk A2-1 menjadi RA1 memiliki persentase kenaikan sebesar 20,71%. Untuk hasil pengujian daktilitas dengan metode secant dan tangensial, secara keseluruhan nilai daktilitas yang telah diperkuat mengalami peningkatan, namun, nilai daktilitas dalam pengujian tidak dapat dijadikan penilaian akhir dikarenakan disaat akhir pemberhentian pengujian beban belum mengalami penurunan atau disimpulkan kondisi beton masih mampu memberikan kapasitas layan beban. Sedangkan, untuk nilai kekakuan dari keseluruhan benda uji mengalami peningkatan dari benda uji eksisting kecuali untuk benda uji RB4 yang mengalami nilai penurunan sebesar -26,52% dan untuk RB2 dengan bahan yang sama memiliki kenaikan sebesar 65,29%. Namun, untuk nilai RA4 dan RA2 dengan bahan perkuatan yang berbeda memiliki kenaikan sebesar 25,60% dan 47,08%. Dari keseluruhan benda uji dapat disimpulkan bahwa perkuatan dengan penambahan lembaran steel plate + CFRP Sheet memiliki kapasitas maksimum, daktiltas dan kekakuan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan perkuatan dengan menggunakan CFRP plate + CFRP Sheet.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/624.183 2/ADI/a/2019/041902922
Uncontrolled Keywords: Perkuatan (strengthening), Steel plate, CFRP plate, CFRP Sheet.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.1 Structural engineering and underground construction > 624.18 Materials > 624.183 Masonry, cermic, allied materials
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:34
Last Modified: 29 Sep 2022 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195122
[thumbnail of EDO PRASETYA ADI.pdf] Text
EDO PRASETYA ADI.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item