Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis Proyek Palapa Ring (PARING) Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi)

Cahya Nugraha, Anggara (2020) Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis Proyek Palapa Ring (PARING) Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan lembaga dibawah naungan Kementrian Komunikasi dan Informatika yang berfungsi melakukan pengelolaan pembiayaan dan penyediaan telekomunikasi di Indonesia. BAKTI memiliki beberapa program kerja utama yang bertujuan membangun infrastruktur telekomunikasi pada seluruh daerah di Indonesia terutama daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Salah satu program kerja utama BAKTI adalah Proyek Palapa Ring (PARING) yang berada pada Divisi Backbone Direktorat Infrastruktur BAKTI. Dalam pelaksanaan kegiatan proyek PARING, terdapat permasalahan yang sering ditemukan yaitu miskomunikasi antar stakeholder yang terlibat, belum adanya alur proses bisnis yang baku sehingga kegiatan yang berjalan belum efektif dan efisien, selain itu pencatatan dan penyimpanan data yang masih manual sehingga kehilangan data sangat rentan terjadi. Maka dari itu, diperlukan analisa dalam evaluasi dan perbaikan proses bisnis untuk menemukan permasalahan dan memaksimalkan proses bisnis yang berjalan dengan rekomendasi perbaikan proses bisnis. Pada penelitian ini pemodelan proses binis dilakukan dengan Business Process Modelling and Notation (BPMN) menggunakan Aplikasi Bizagi Modeler, selanjutnya dilakukan evaluasi aktivitas pada proses bisnis menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan dilakukan rekomendasi untuk perbaikan proses bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) dengan tools streamlining. Selanjutnya dilakukan simulasi dan didapatkan durasi penyelesaian proses bisnis yang lebih lambat sampai dengan 4,5% pada proses bisnis Open Tender, hal ini terjadi karena perbaikan berupa penambahan beberapa aktivitas menggunakan pemanfaatan sistem informasi untuk proses bisnis yang berjalan. Didapatkan durasi penyelesaian proses bisnis yang lebih cepat sampai dengan 0,88% pada proses bisnis Pembangunan Telekomunikasi dan 1,058% pada proses bisnis Restorasi- Maintenance, hal ini terjadi karena penghilangan aktivitas proses bisnis yang bersifat administratif dan penambahan aktivitas dengan pemanfaatan sistem informasi untuk proses bisnis yang berjalan

English Abstract

Telecommunications and Information Accessibility Agency (BAKTI) is an institution under the auspices of the Ministry of Communication and Informatics that functions to manage financing and provision of telecommunications in Indonesia. BAKTI has several priority work programs aimed at building telecommunications infrastructure in all regions in Indonesia, especially the 3T regions (Frontier, Outermost, and Disadvantaged). One of BAKTI's main work programs is the Palapa Ring Project (PARING) which is in the Backbone Division of the BAKTI Infrastructure Directorate. In the implementation of PARING project activities, there are problems that are often found, namely miscommunication between stakeholders involved, the absence of a standard business process flow so that the activities are not yet effective and efficient, besides recording and storing data that is still manual so that data loss is very vulnerable to occur. Therefore, analysis is needed in evaluating and improving business processes to find problems and maximize business processes that are running with recommendations for improving business processes. In this research, business process modeling is carried out with Business Process Modeling and Notation (BPMN) using the Bizagi Modeler Application, then evaluating activities in business process using the Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) method and recommendations for improving business processes using Business Process Improvement (BPI) with streamlining tools. Then the simulation is done and the duration of business process completion is slower up to 4.5% in the Open Tender business process, this is due to improvements in the addition of several activities using the utilization of information systems for business processes that are running. The duration of business process completion is faster up to 0.88% in the Telecommunication Development business process and 1.058% in the Restoration-Maintenance business process, this occurs because the removal of administrative business process activities and the addition of activities by utilizing information systems for business processes the walking

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150427
Uncontrolled Keywords: Proyek Palapa Ring (PARING), Business Process Modelling and Notation (BPMN), Proses Bisnis, Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Metode Business Process Improvement (BPI), Tools Streamlining, Simulasi Proses Bisnis.,Palapa Ring Project (PARING), Business Process Modeling and Notation (BPMN), Business Process, Failure Mode and Effect Analysis Method (FMEA), Business Process Improvement Method (BPI), Streamlining Tools, Business Process Simulation
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:28
Last Modified: 30 Sep 2024 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194180
[thumbnail of Anggara Cahya Nugraha.pdf] Text
Anggara Cahya Nugraha.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item