Hafis, Muhammad (2019) Game Edukasi Kimia Tentang Laju Reaksi Dengan Pendekatan Dynamic Difficulty Adjustment Dan Model Pembelajaran Instructional Scaffolding. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipahami oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), terutama pada materi laju reaksi. Secara garis besar, mata pelajaran kimia membutuhkan tingkat berpikir yang tinggi, sementara metode penyampaian materi yang ada masih menggunakan pendekatan konvensional yang seringkali bersifat monoton dan membosankan, sementara siswa kebelakangan ini lebih familiar dengan perangkat teknologi seperti telepon genggam dan komputer. Sebuah solusi berupa game edukasi untuk mata pelajaran kimia kemudian dapat diajukan sebagai salah satu solusi yang berpotensi mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi pada pendekatan konvensional. Solusi ini menggunakan pendekatan penciptaan konten berbasis algoritma yang menyesuaikan konten dengan kemampuan belajar siswa (Dynamic Difficulty Adjustment) dan penambahan bantuan secara dinamis yang sesuai dengan kelemahan siswa (Instructional Scaffolding). Berdasarkan pada hasil pengujian eksperimental, game edukasi yang dikembangkan mendapatkan hasil yang substansial baik dari sudut pandang perancangan maupun pengujian akhir pada calon pengguna, dimana secara umum, tingkat kepuasan calon pengguna dari sudut pandang kebergunaan memiliki nilai yang baik, begitu pula pada pengujian pretest-posttestnya
English Abstract
The subject of chemistry is one of the more complicated subjects for Indonesian high school students, especially in the topic of reaction rate. On the overview, chemistry requires a higher level of thinking, in the mean time, the deliverance of such educational materials still uses conventional method that tend to be monotonous and boring, simultaneously, students nowadays are more familiar with their gadgets and laptops. A solution in form of an educational game for chemistry subject is then proposed as a potential solution that could alleviate the issue that is faced by the conventional method. The solution integrates an algorithm-based dynamic and procedural content generation method that adapts the content based on students’ performance (Dynamic Difficulty Adjustment) and a dynamic help and hint based on students’ weakness (Instructional Scaffolding). Based on the experimental setup, the developed educational game yields a substansial result from both design aspect as well as end-user tests, in general, end-users perceived usability for the developed game is satisfactory, as well as its pretest-posttest results.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/794.8/HAF/g/2019/041905779 |
Uncontrolled Keywords: | game edukasi, kimia, laju reaksi, dynamic difficulty adjustment, instructional scaffolding |
Subjects: | 700 The Arts > 794 Indoor games of skill > 794.8 Electronic games |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 04:08 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 04:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193632 |
Text
muhammad_hafis_tesis.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |