PENDIDIKAN Literasi Media ( Kajian Perspektif Literasi Media Kritis pada Yayasan Pengembangan Media Anak [YPMA] )

Syukri, Muhammad and Anang Sujoko,, S.Sos., M.Si,. D.COMM and Reza Safitri,, S.Sos., M.Si,. Ph.D (2019) PENDIDIKAN Literasi Media ( Kajian Perspektif Literasi Media Kritis pada Yayasan Pengembangan Media Anak [YPMA] ). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan literasi media di Indonesia mulai dikenal sejak awal tahun 1990. Munculnya literasi media di Indonesia merupakan sebuah respon atas kekhawatiran masyarakat atas media yang berpotensi memberikan dampak negatif, khususnya pada usia anak-anak dan remaja. Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) menjadi salah satu lembaga yang memiliki kontribusi yang signifikan pada perkembangan pendidikan literasi media di Indonesia. YPMA sebagai objek penelitian karena dikenal luas sebagai lembaga yang berkonsentrasi dan konsisten dalam pengembangan literasi anak di Indonesia. Penelitian ini difokuskan pada strategi gerakan dan pendidikan literasi media yang dijalankan oleh YPMA selama kurun waktu 2006 hingga 2016. Adapun pendekatan yang dipilih adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Diketahui bahwa YPMA memiliki target sasaran dalam setiap pelaksanaan programnya adalah pada usia anak dan remaja. Karenanya, YPMA menyusun beberapa strategi seperti sosialisasi dan kampanye melalui sekolah serta lembaga-lembaga pendidikan lainnya, menyelenggarakan pelatihan bagi guru, serta menekankan keterlibatkan orang tua sebagai significant other dalam melakukan pendidikan literasi media.

English Abstract

Education of Media literacy in Indonesia has began to be known since the beginning of year 1990. The emergence of media literacy in Indonesia is a response to public concerns over media that have the potential in giving negative impacts, especially at the age of children and adolescents. The Children's Media Development Foundation (YPMA) is one of the institutions that has a significant contribution to the development of media literacy education in Indonesia. YPMA as an object of research because it is widely known as an institution that concentrates and consistent in the development of child literacy in Indonesia. The study focused on the strategy of the movement and education of media literacy which is carried out by YPMA during the year period from 2006 to 2016. The approach chosen was a qualitative method with a type of descriptive research. It is known that YPMA has a target in implementation for every program at the age of children and adolescents. Therefore, YPMA developed several strategies such as socialization and campaign through schools and other educational institutions. They held training for teachers, and emphasized the involvement of parents as a significant other in conducting education of media literacy.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/302.23/SYU/p/2019/041902093
Uncontrolled Keywords: Literasi Media, YPMA, Anak dan Media,Media Literacy, YPMA, Children and Media
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Aug 2022 01:56
Last Modified: 12 Aug 2022 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193186
[thumbnail of Muhammad Syukri.pdf] Text
Muhammad Syukri.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item