Sulistyorin, Ery (2015) Anteseden Kepercayaan Retailer Pada Suppliernya Untuk Menjalin Hubungan Jangka Panjang(Studi Pada Usaha Penjualan Laptop Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan daya beli konsumen mempengaruhi peningkatan penjualan laptop yang berdampak pada tingginya persaingan antara retailer laptop di Kota Malang. Hal ini membuat perusahaan menyusun strategi untuk bertahan dalam bisnis retail, salah satunya melalui pengembangan hubungan jangka panjang dengan suppliernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi, kepuasan dan komitmenretailer kepada supplier laptop di kota malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 80 pemilik/ manajer toko retail laptop di Kota Malang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi, kepuasan dan komitmen berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepercayaan berpengaruh terhadap hubungan jangka panjang. Komunikasi memiliki pengaruh yang paling besar pada kepercayaan kemudian diikuti oleh komitmen dan kepuasan. Temuan penelitian tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku usaha retail untuk memelihara hubungan jangka panjang dengan memperhatikan hubungan kepercayaan dengan komunikasi, kepuasan dan komitmen dengan suppliernya
English Abstract
Greater purchase power of the consumers affect the rate of laptop sales which then results in tighter competition among laptop retailers in Malang City. It causes the retailers arrange business strategy to sustain. One of the strategies is by developing long-term relationship with its supplier. This research aims to reveal the role of communication, satisfaction, and commitment as the antecedents of trust; also, this research observes the role of trust of long-term relationship. Data collection is done through questionnaire distribution. The questionnaire is sent to 80 owners/managers of laptop retail stores in Malang city. The respondents are chosen using purposive sampling technique. The research result indicates that communication, satisfaction, and commitment influence trust; next, trust affects long-term relationship. Communication has the greatest effect on trust compared to commitment and satisfaction. This finding is expected to be able to help the retailers in maintaining long-term relationship with their supplier by considering the relationship between trust and communication as well as satisfaction and commitment with their supplier.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.802/SUL/a/2015/041803777 |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, kepuasan, komitmen, kepercayaan, hubungan jangka panjang, retail laptop |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.802 General topics of marketing management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 03:35 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 03:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193101 |
Text
Ery Sulistyorin.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Actions (login required)
View Item |