Peran Brand Satisfaction dan Brand Love sebagai Mediasi Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pengguna Kosmetik Wardah di Kota Malang)

Shanti, Mardhatillah (2019) Peran Brand Satisfaction dan Brand Love sebagai Mediasi Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pengguna Kosmetik Wardah di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kosmetik merupakan salah satu industri yang sedang tumbuh pesat di era modern saat ini dan berperan besar sebagai penggerak utama perekonomian Indonesia. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan konsumen terhadap kosmetik semakin tinggi. Penjualan produk lokal semakin bertambah, namun masih banyak konsumen yang menyukai produk kosmetik impor. Kondisi ini menyebabkan industri kosmetik lokal perlu menemukan cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek kosmetik lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap suatu merek kosmetik, untuk itu peneliti menggunakan konsumen Wardah di Kota Malang sebagai obyek penelitian. Sebanyak 160 responden diperoleh menggunakan pendekatan nonprobability dengan teknik purposive sampling. Data tersebut dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis menggunakan alat analisis Partial Least Square dan diukur menggunakan skala likert. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah: brand experience, brand satisfaction, brand love dan brand loyalty. Hubungan antar variabel dalam penelitian ini dibangun berdasarkan Model Kognisi, Afeksi dan Perilaku. Hasil penelitian ini menemukan bahwa brand experience tidak berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Selain itu, brand satisfaction dan brand love ditemukan berperan sebagai mediasi penuh pada pengaruh brand experience terhadap brand loyalty.

English Abstract

Cosmetics is one of the rapidly growing industries in this modern era, playing the role of main mobilizer of Indonesian economy. The phenomenon shows that consumer’s need for cosmetics is increasing. The sales of local product are improving, but there are more consumers prefer imported products. This condition leads local cosmetics industry to find ways to improve customer loyalty to local cosmetics brands. This study aims to identify variables that can influence customer loyalty to a cosmetic brand. Therefore, this study uses Wardah consumers in Malang city as the research object. Using nonprobability approach with purposive sampling technique, 160 respondents were selected. The data was obtained through Likert-scaled questionnaires and analyzed using Partial Least Squares. The variables used in this study are brand experience, brand satisfaction, brand love, and brand loyalty. The relationship among variables in this study was built based on cognitive, affective, and behavioral models. This study finds that brand experience does not significantly influence brand loyalty and that brand satisfaction and brand love fully mediate the influence of brand experience on brand loyalty.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.827/SHA/p/2019/041902125
Uncontrolled Keywords: brand experience, brand satisfaction, brand love, brand loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:02
Last Modified: 28 Jul 2022 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192837
[thumbnail of TESIS Mardhatillah Shanti.pdf] Text
TESIS Mardhatillah Shanti.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item