Analisis Pengaruh Ekspektasi Usaha Penggunaan Social Media Marketing Terhadap Pembelajaran Organisasi, Inovasi Pemasaran, Dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus : UKM Keripik Di Malang)

Prayudanti, Adhania Andika (2018) Analisis Pengaruh Ekspektasi Usaha Penggunaan Social Media Marketing Terhadap Pembelajaran Organisasi, Inovasi Pemasaran, Dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus : UKM Keripik Di Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Social media marketing memberikan banyak manfaat untuk UKM seperti meningkatkan popularitas merk produk, sebagai sarana komunikasi, meningkatkan penjualan, dan sarana untuk berbagi informasi mengenai bisnis. Ekspektasi usaha penggunaan social media marketing dapat berpengaruh terhadap penguasaan dan pengoptimalan social media marketing pada UKM. Pembelajaran organisasi terhadap social media marketing merupakan proses yang memungkinkan organisasi untuk merespon cara pemasaran yang baru dengan menciptakan lingkungan kerja yang inovatif dan konsekuen terhadap peningkatan kinerja usaha dan keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh ekspektasi usaha penggunaan social media marketing terhadap pembelajaran organisasi dan bagaimana pengaruh mediasi inovasi pemasaran terhadap pembelajaran organisasi dengan kinerja pemasaran. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik UKM keripik di Malang yang telah menggunakan social media marketing dalam menjalankan usahanya. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan dianalisis menggunakan PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi usaha penggunaan social media marketing berpengaruh terhadap pembelajaran organisasi. Pembelajaran organisasi berpengaruh signifikan terhadap inovasi pemasaran tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hal tersebut dapat disebabkan karena inovasi pemasaran merupakan faktor determinan keberhasilan proses pembelajaran organisasi terhadap social media marketing untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pemasaran memediasi pembelajaran organisasi dengan kinerja pemasaran

English Abstract

Social media marketing provides many benefits to SMEs such as increasing the popularity of product brands, as a means of communication, increasing sales, and the means to share information about a business. The lack of mastery and optimization of social media marketing in SMEs can be influenced by the effort expectancy of SMEs using social media marketing. Organizational learning of social media marketing is a process that enables organizations to respond a new way of marketing by creating an innovative and consistent work environment for improving business performance and competitive advantage. The purpose of this study is to determine how the influence of effort expectancy of social media marketing to organizational learning and how the influence of marketing innovation’s mediation on organizational learning with marketing performance. Respondents in this study are owners of SMEs chip in Malang who have used social media marketing in running their business. The instrument of this research is a questionnaire and analyzed by PLS. The results showed that the effort expectancy of social media marketing influence on organizational learning. Organizational learning has a significant influence on marketing innovation but has no significant influence on marketing performance. It can be caused by marketing innovation is a determinant factor of successful of organizational learning to social media marketing to improve marlting performance. And the results of this study indicate that marketing innovation mediates organizational learning with marketing performance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.872/NOR/a/2018/041810418
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Organisasi, Inovasi Pemasaran, Kinerja Pemasaran, Ekspektasi Usaha Penggunaan Social Media Marketing, UKM,-Organizational Learning, Marketing Innovation, Marketing Performance, Effort Expectancy, Social Media Marketing, SMEs
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:42
Last Modified: 27 Jul 2022 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192772
[thumbnail of ADHANIA ANDIKA PRAYUDANTI.pdf] Text
ADHANIA ANDIKA PRAYUDANTI.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item