Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata di Kota Batu (Studi Tentang City Branding “Shining Batu”)

Ardyanti, Erlina Rosalia and Dr. Imam Hanafi, M.Si., MS and Anita Tri Widiyawati, SS., MA (2020) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata di Kota Batu (Studi Tentang City Branding “Shining Batu”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, peneliti mengkaji mengenai partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Kota Batu melalui City Branding “Shining Batu”. Pengembangan pariwisata di Kota Batu masih perlu ditingkatkan, maka pemerintah Kota Batu khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan pariwisata mengajak masayarakat Kota Batu untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata, karena masyarakat merupakan salah satu pilar utama dalam pengembangan pariwisata. Adapun pengertian dari partisipasi masyarakat adalah suatu bentuk keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan yang diekspresikan dalam bentuk materi, pikiran, tenaga, keahlian secara sukarela, dimana partisipasi tersebut dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai dengan tahap pemanfaatan hasil.

English Abstract

In writing this thesis, the researcher examines community participation in the development of tourism in Batu City through City Branding "Shining Batu". The development of tourism in the Batu City still needs to be improved, so the government of the Batu City, in particular, the Office of Tourism and Culture makes efforts to develop tourism inviting the people of Batu City to participate in the development of tourism, because the community is one of the main pillars in the development of tourism. The understanding of community participation is a form of community participation in development which is expressed in the form of material, thoughts, energy, voluntary expertise, where the participation starts from the planning, implementation, evaluation until the utilization stage of the results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030085
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat, City Branding, Pengembangan Pariwisata, Community participation, City Branding, Tourism Development.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:40
Last Modified: 27 Sep 2024 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192439
[thumbnail of Erlina Rosalia Ardyanti.pdf] Text
Erlina Rosalia Ardyanti.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item