Rakhman, Desy Rizky Amalia and Prof.Dr.Ir. Imam Santoso,, MP. (2022) Analisis Rantai Nilai Pada Agroindustri Hasil Peternakan Ayam Pedaging di Desa Genengan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ayam pedaging merupakan salah satu jenis unggas yang populer di kalangan peternak. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan daging ayam. Populasi ayam pedaging di Indonesia cukup banyak, termasuk di Kabupaten Blitar. Salah satu peternakan ayam pedaging berlokasi di Desa Genengan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Peternakan ayam pedaging menggunakan lembaga pemasaran untuk mendistribusikan ayam pedaging ke konsumen. Proses distribusi ini menyebabkan terjadinya perbedaan harga ayam. Perbedaan harga ayam pedaging dipengaruhi oleh beberapa biaya seperti biaya produksi dan biaya pemasaran. Harga ayam pedaging sering mengalami fluktuasi di tingkat pedagang. Perbedaan harga ayam di peternak dan konsumen akan menunjukkan tingkat efisiensi saluran pemasaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas pelaku rantai nilai dan biaya-biaya yang digunakan untuk memasarkan ayam pedaging, sehingga dapat diketahui apakah rantai nilai pada peternakan ayam pedaging efisien atau tidak. Pada penelitian ini dilakukan beberapa tahap analisis seperti analisis aktivitas peternakan, analisis pelaku rantai nilai, analisis biaya, analisis efisiensi dan analisis nilai tambah. Aktivitas pada rantai nilai ayam pedaging terbagi menjadi aktivitas utama dan aktivitas pendukung. Pelaku rantai nilai yang terlibat dalam pemasaran ayam pedaging yaitu peternak, pedagang besar, dan pedagang pengecer. Saluran pemasaran pada peternakan ayam pedaging ini terdiri dari dua pola. Saluran pemasaran pertama melibatkan peternak, pedagang besar bukan pemotong dan pengecer. Saluran pemasaran kedua melibatkan peternak dan pedagang besar pemotong. Saluran pemasaran pola kedua viii memiliki persentase efisiensi paling rendah yaitu 1,06%. Hal ini berarti saluran pemasaran kedua lebih efisien dari saluran pemasaran pertama. Pemasaran ayam pedaging memberikan nilai tambah sebesar Rp 3.141,52 per kilogram yang menunjukkan bahwa pengolahan ayam pedaging hidup menjadi karkas ayam mampu memberikan nilai tambah dengan rasio nilai tambah sebesar 14,96%.
English Abstract
Broiler is one of the popular poultry among breeders. This is due to the high demand of chicken meat. The population of broilers in Indonesia is quite lare, including in Blitar Regency. One of the broiler farms is located in Genengan, Doko, Blitar Regency. Broiler farms use marketing agents to distribute broilers to consumers. In the distribution process there will be a price difference. The difference of broiler prices is influenced by several costs such as production costs and marketing costs. The price of broilers often fluctuates at traders. The difference in broiler price berween farmers and consumers indicate the level of efficiency of each marketing channel. The purpose of this study is to determine the activities of value chain actors and the costs used to distribute the broilers, so it can be seen whether the value chain is efficient or not. In this study, several analysis were carried out, such as livestock activity analysis, soct analysis, efficiency analysis and value added analysis. Activities in the broiler value chain are devided into main activities and supporting activities. Value chain actors in broiler marketing are breeders, wholesalers, and retailers. The broiler marketing channel consist of two patterns. The first marketing channel involves breeders, wholesalers, and retailers. The second marketing channel involves farmers and wholesalers. The second marketing channel has the lowest efficiency percentage, which is 1,06%. This means that the second marketing channel is more efficient than the first marketing channel. The marketing of broilers provides value added Rp 3.141,52/kg which shows that processing live broilers into chicken carcasses is able to provide value added with 14,96% value added ratio.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522100075 |
Uncontrolled Keywords: | Ayam Pedaging, Pemasaran, Rantai Nilai,Broiler, Marketing, Value Chain |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:12 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191806 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
DESY RIZKY AMALIA RAKHMAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |