Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Dodol Buah Jeruk Siam Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI)

Apriliany, Linda and Dr. Panji Deoranto, STP, MP and Dhita Morita Ikasari, STP, MP (2020) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Dodol Buah Jeruk Siam Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dodol merupakan produk olahan yang termasuk dalam kategori makanan manis, berbentuk padat dan bertekstur kenyal yang terbuat dari campuran tepung, gula maupun tambahan buah segar. Salah satu usaha yang bergerak dalam bidang pengolahan buah jeruk siam menjadi dodol buah adalah UKM “CAHAYA” yang berlokasi di Desa Temurejo, Kecamatan Bangojero, Kabupaten Banyuwangi. Analisis preferensi konsumen dilakukan untuk mengetahui respon konsumen terhadap produk dodol buah jeruk siam produksi UKM “CAHAYA” sehingga diperoleh bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan kualitas produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut produk dodol buah jeruk siam yang harus diperbaiki sesuai dengan harapan konsumen dan mengetahui tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh terhadap produk. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Costumer Satisfaction Index (CSI). Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert yang diujikan pada 100 orang responden. Metode pengambilan sampel dilakukan menggunakan nonprobability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 12 atribut produk yang dianalisis yaitu atribut harga, rasa, bentuk produk, warna produk, aroma, tekstur, kekenyalan, bahan tambahan pangan, informasi umur simpan, bentuk kemasan, desain kemasan dan kepopuleran merek. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 17.0. ix Hasil analisis data menggunakan metode IPA menunjukkan bahwa atribut yang masuk pada kuadran I atau atribut yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan adalah atribut harga. Atribut yang masuk pada kuadran II atau atribut yang harus dipertahankan adalah atribut rasa, aroma dan informasi umur simpan atau kedaluwarsa. Atribut yang masuk pada kuadran III adalah atribut tingkat kekenyalan dan kepopuleran merek. Atribut yang masuk kuadran IV adalah atribut bentuk produk, warna produk, tekstur, informasi bahan tambahan pangan, bentuk kemasan dan desain kemasan. Hasil analisis data menggunakan metode CSI diperoleh hasil perhitungan persentase nilai indeks sebesar 79 %. Nilai yang diperoleh masuk dalam kategori “Puas” sehingga secara keseluruhan konsumen telah merasa puas terhadap kualitas produk

English Abstract

Dodol is a processed product that is included in the sweet food category, in the form of a solid and chewy texture made from a mixture of flour, sugar and additional fresh fruit. One of the businesses engaged in the processing of siam oranges into dodol fruit is UKM "CAHAYA" located in Temurejo Village, Bangojero District, Banyuwangi Regency. Analysis of consumer preferences is carried out to determine consumer responses to siam dodol products produced by UKM "CAHAYA" so that consideration is obtained to improve product quality. The purpose of this study is to determine the attributes of siam lime dodol products that must be improved in accordance with consumer expectations and determine the overall level of customer satisfaction with the product. This research was conducted using the Importance Performance Analysis (IPA) method and the Customer Satisfaction Index (CSI) method. The research instrument used a questionnaire with a Likert scale are tested on 100 respondents. The sampling method is done by using nonprobability sampling with a type of purposive sampling technique. This study uses 12 product attributes analyzed, namely price, taste, product shape, product color, aroma, texture, elasticity, food additives, shelf life information, packaging form, packaging design, and brand popularity. Data processing is performed using SPSS 17.0 software. The results of data analysis using the IPA method show that the attributes included in quadrant I or attributes that are the top priority for improvement are price attributes. Attributes included in quadrant II or attributes that must be maintained are the taste, aroma and information on shelf life or expiration. Attributes included in quadrant III are attributes of elasticity and brand xi popularity. The attributes included in quadrant IV are the attributes of product shape, product color, texture, food additive information, packaging form and package design. The results of data analysis using the CSI method obtained the calculation of the percentage index value of 79 %. The value obtained is included in the "Satisfied" category so that overall consumers have felt satisfied with the quality of the product

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520100107
Uncontrolled Keywords: CSI, Dodol, IPA, Preferensi Konsumen, CSI, Dodol, IPA, Consumer Preferences.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:49
Last Modified: 27 Sep 2024 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191784
[thumbnail of Linda Apriliany.pdf] Text
Linda Apriliany.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item